Vaksinasi COVID-19 Warga di Sembilan Stasiun KRL Tembus 10 Ribu

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 20 Agustus 2021
Vaksinasi COVID-19 Warga di Sembilan Stasiun KRL Tembus 10 Ribu
Sejumlah penumpang turun dari KRL di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

MerahPutih.com - Program vaksinasi COVID-19 yang diadakan di stasiun kereta rel listrik (KRL) sejak 25 Juli 2021 lalu terus dilakukan. Hingga Kamis (19/8) warga yang telah divaksinasi di sembilan stasiun KRL di wilayah DKI Jakarta terus bertambah.

“Hingga saat ini, sudah 10.034 orang yang divaksinasi,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Jumat (20/8).

Baca Juga

Ribuan Ibu Hamil di DIY Ikuti Vaksinasi COVID-19

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di sembilan stasiun yaitu Stasiun Duri, Angke, Jakarta Kota, Cikarang, Maja, Rangkasbitung, Lenteng Agung, Kalideres, dan Juanda.

“Kegiatan ini dilakukan KAI Commuter untuk mendukung program Pemerintah mempercepat vaksinasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Untuk Jumat (20/8), vaksinasi di Stasiun Juanda juga masih berlangsung. Vaksinasi ini tersedia untuk dosis pertama maupun dosis kedua menggunakan vaksin AstraZeneca.

Bagi pengguna yang ingin mengikuti vaksinasi ini dapat mendaftar melalui situs web vaksinasi.krl.co.id. Saat mengikuti vaksinasi, para pengguna cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pendaftaran dan validasi.

Kerja sama antara KAI Commuter dengan Dinas Kesehatan serta aparat kewilayahan setempat dalam pelaksanaan vaksinasi ini akan terus dilakukan dan tidak menutup kemungkinan akan diselenggarakan di stasiun-stasiun lainnya.

Ilustrasi vaksinasi. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto
Ilustrasi vaksinasi. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Pemerintah menegaskan berdasarkan evaluasi efektivitas vaksin COVID-19 yang dilakukan terhadap tenaga kesehatan di DKI Jakarta, semua merek vaksin yang ada di Indonesia aman dan efektif melawan COVID-19.

Masyarakat diminta untuk segera melakukan vaksinasi tanpa memilih-milih merek vaksin tertentu.

"Semua vaksin terbukti aman dan berkhasiat, jangan pilih-pilih vaksin, segera lakukan vaksinasi dengan vaksin yang tersedia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Hingga saat ini sudah ada lima merek vaksin yang tersedia untuk program vaksinasi di Indonesia, yaitu CoronaVac (vaksin jadi dari Sinovac), Vaksin COVID-19 (Vaksin olahan Bio Farma dengan bahan baku dari Sinovac), AstraZeneca, Moderna, dan Sinopharm.

Dalam waktu dekat, vaksin Pfizer juga akan tersedia di Indonesia sehingga akan ada total enam merek vaksin di Indonesia.

Johnny menjelaskan bahwa semua vaksin tersebut aman dan mampu melindungi masyarakat dari resiko sakit berat bila terpapar virus COVID-19.

Semua vaksin yang ada di Indonesia juga efektif melawan berbagai varian virus corona dan efektif mengurangi resiko kematian akibat COVID-19.

"Termasuk varian Delta," tegas Johnny. (Knu)

Baca Juga

Vaksinasi Ibu Hamil Penting untuk Lindungi Bayi dari COVID-19

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan