Vaksinasi COVID-19 Saat Pembagian BLT Bikin Stok Vaksin di Solo Habis

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 04 Oktober 2022
Vaksinasi COVID-19 Saat Pembagian BLT Bikin Stok Vaksin di Solo Habis
Vaksinasi COVID-19. (Foto:MP/ Ismail)

MerahPutih.com - Stok vaksin COVID-19 di sejumlah daerah sudah mulai menipis. Bahkan, di Solo, Jawa Tengah, masyarakat yyang hendak vaksin harus pergi ke rumah sakit atau puskesmas di daerah lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, stok vaksin COVID-19 di Solo mulai kosong Sabtu (1/10). Warga domisili Kota Solo yang ingin mendapatkan layanan diarahkan ke kabupaten sekitar.

Baca Juga:

Jokowi Nyatakan Pandemi Hampir Berakhir, Kasus Harian COVID-19 di Atas Seribu

"Kami melakukan percepatan capaian vaksinasi, tetapi kondisi vaksin habis sejak Sabtu akhir pekan kemarin," ujar Ning sapaan akrabnya, Senin (3/10).

Ia mengatakan, capaian vaksinasi penguat atau booster di Solo mencapai 72 persen sampai akhir September 2022. Kekosongan ini sudah diberitahuan masyarakat.

"Kami sudah bersurat meminta stok vaksin COVID-19 ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah," ucap dia.

Ia tidak bisa memastikan kapan dikirim stok vaksin namun memastikan begitu ada stok akan segera membuka layanan vaksinasi. Selama ini pihaknya melaksanakan vaksinasi dengan jemput bola ke tempat keramaian sebelum stok vaksin habis.

"Kita juga sasar di tempat umum terutama jika ada pembagian BLT (Bantuan Langsung Tunai) kita tawarkan vaksin bagi yang belum," kata dia.

Ia memaparkan, layanan vaksin di tempat keramaian serta kolaborasi dengan penyelenggara penyaluran BLT lebih efektif.

"Terdapat jadwal 19 Puskesmas Solo dengan dua sesi kegiatan vaksin, masing-masing jadwal pagi pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB. Kita juga buka layanan vaksinasi malam," katanya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Menkes Diminta Jokowi Tanya Bos WHO, Bahas Status Pandemi COVID-19

#COVID-19 #Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan