Vaksinasi COVID-19 Moderna di Surabaya Dimulai Hari Ini

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 26 Agustus 2021
Vaksinasi COVID-19 Moderna di Surabaya Dimulai Hari Ini
Antrean warga Surabaya yang akan divaksin COVID-19. (Foto: MP/Istimewa)

MerahPutih.com - Vaksinasi massal dosis pertama jenis Moderna untuk warga digelar di atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya, Kamis (26/8).

Vaksin Moderna diketahui hanya diberikan untuk sumber daya manusia kesehatan (SDMK). Namun kini, masyarakat umum juga bisa memperoleh vaksin Moderna dosis pertama.

“Vaksin ini bukan untuk tenaga kesehatan (nakes) saja, dan itu berbeda. Ini yang untuk umum,” tutur Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Vaksin Moderna di Jakarta bagi Masyarakat Umum

Untuk memperoleh vaksin Moderna dosis pertama, masyarakat diwajibkan mendaftar dahulu melalui link laman http://bit.ly/PendaftaranD1Moderna26agt.

“Sudah mulai, pendaftarannya juga sudah dibuka. Mereka bisa mendaftar melalui link yang sudah tersedia,” terangnya.

Vaksinasi massal ini menyediakan sekitar 2 ribu dosis. Jumlah vaksin dan peserta terbatas.

"Sebaiknya semua tidak menyerbu ke lokasi. Kasihan kalau sudah datang, tapi tidak dapat vaksinnya,” tandas Eri.

Petugas medis menunjukkan vaksin Moderna . ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
Petugas medis menunjukkan vaksin Moderna . ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita menyampaikan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi warga untuk menjadi peserta vaksin Moderna dosis pertama. Di antaranya, warga harus ber-KTP Surabaya dan berusia lebih dari 18 tahun. Lalu, mereka juga belum menerima vaksin COVID-19 sebelumnya.

“Pelaksanaannya dimulai pukul 10.00 WIB di atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya. Mereka harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi syarat yang berlaku,” ungkap Febria.

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi Moderna dosis ketiga yang berfungsi sebagai immune booster bagi tenaga SDMK, masih terus berjalan. Vaksinasi untuk SDMK digelar kembali mulai 25 - 28 Agustus 2021 di Atlas Sport Center Surabaya.

“Ya itu untuk SDMK yang bekerja di klinik, apotek, laboratorium, dan praktik mandiri perorangan. Untuk SDMK yang bekerja di rumah sakit (RS) dan puskesmas, layanan vaksinasinya tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) masing-masing,” papar Eri.

Baca Juga:

Anies Tegaskan Penderita Autoimun dan Komorbid Berat Bisa Pakai Vaksin Moderna

Vaksin Moderna mengusung Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, ia memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

“Terkait efek pasca-vaksinasi, ya tentu ada berbeda untuk setiap orang yang bergantung dengan kondisinya, yang pasti vaksin Moderna aman untuk digunakan,” pungkas Eri. (Andika Eldon/Jawa Timur)

Baca Juga:

Ini Lokasi Vaksinasi di Jakarta Yang Sediakan Vaksin Moderna

#Surabaya #Vaksinasi #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan