Vaksinasi COVID-19 dan Suntik KB Warnai Peringatan Harganas 2021 di Bandung

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 23 Juni 2021
Vaksinasi COVID-19 dan Suntik KB Warnai Peringatan Harganas 2021 di Bandung
Ilustrasi vaksinasi. Foto: (Pexels.)

MerahPutih.com - Vaksinasi COVID-19 dan penyuntikan KB akan mewarnai peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Bandung. Untuk vaksinasi, pelaksanaannya akan dihelat di Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Kamis (24/6)

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung, Andri Darusman mengatakan, vaksinasi diperuntukan bagi warga Kota Bandung yang berusia di atas usia 18 tahun. Targetnya, sebanyak 2.100 penerima vaksin.

Baca Juga

Polemik Obat Kecacingan Ivermectin Saat COVID-19 Melonjak

Vaksinasi ini merupakan bagian dari peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang biasa diperingati tanggal 29 Juni. Andri Darusman mengungkapkan, vaksinasi massal dinilai tepat dilakukan pada Harganas 2021. Sebab, saat ini klaster keluarga dinilai cukup meningkat.

"Ini untuk umum tapi datanya nanti oleh tiap kecamatan, pendataan dikoordinasikan oleh camat. Tapi sasaran diutamakan dari lingkungan Arcamanik, Antapani, Cinambo, Mandalajati," ungkapnya di Auditorium Balai Kota Bandung, Rabu (23/6)

"Polsek dan Forkopimcam ikut mengatur. Artinya waktunya diatur, misalkan per jam 200 orang. Sehingga tidak terjadi penumpukkan di lokasi vaksinasi," ucapnya.

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di fasilitas pelayanan vaksinasi massal di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj)
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di fasilitas pelayanan vaksinasi massal di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj)

Selain itu, pada Harganas nanti Pemerintah Kota Bandung melalui DPPKB akan serentak memberikan pelayanan KB bagi masyarakat. Pelaksanaan KB akan dilaksanakan di sejumlah titik untuk menghindari kerumunan.

"Kita pusatkan di Klinik Kartini Jalan Pahlawan, kita ada pelayanan implan, suntik, pil, dan lain-lain. Hanya memang Bandung ini siaga satu jadi tidak khusus di satu titik tapi di masing-masing bidan tiap kewilayahan ada untuk melaksanakan pelayanan KB," terangnya.

Di tempat terpisah, Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawaan, dan Penunjang RSHS, Dr Yana Akhmad Supriatna menuturkan, Indonesia menghadapi pandemi sejak tahun lalu. Vaksin menjadi bagian dari upaya penting dalam melawan pandemi, selain tetap melaksanakn protokol kesehatan.

“Vaksin ini kita harapkan bisa dijalani oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Karena vaksin ini bukan untuk kepentingan individu. Jika seluruh laskanakan vaksinasi maka virus corona ini jadi tidak punya tempat untuk memperbanyak diri, karena semua orang kebal, virus tak bertahan lagi, dan pandemi berakhir,” harapnya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga

Dua Anggota Positif COVID-19, DPRD Kota Bogor Terapkan WFO 25 Persen

#COVID-19 #Kasus Covid #Vaksin Covid-19 #Vaksinasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan