Vaksinasi Anak di Indonesia Belum Mencapai Target

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 Februari 2022
Vaksinasi Anak di Indonesia Belum Mencapai Target
Vaksinasi anak di Kota Yogyakarta. (Foto: MP/Humas Pemkot Yogyakarta)

MerahPutih.com - Percepatan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun dianggap jadi kunci beradaptasi dengan pandemi.

Sayangnya, anak-anak di Indonesia belum semua divaksin.

"Vaksinasi anak harus lebih 'digas' karena sampai saat ini persentasenya belum mencapai target," kata Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, dikutip dari siaran pers KSP, Kamis (17/2).

Baca Juga:

Data Vaksinasi COVID-19 di Jabar Masih Tidak Sinkron

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 16 Februari 2022, capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk dosis satu masih sebesar 66,72 persen atau 17,6 juta anak.

Sedangkan dosis dua di kisaran 29,28 persen atau 7,7 juta anak. Target vaksinasi usia 6-11 tahun sendiri sebanyak 26,4 juta anak.

Menurut Moeldoko, untuk mengejar target tersebut, perlu dukungan sumber daya dan pendekatan yang berbeda agar kegiatan vaksin menarik bagi anak-anak.

"Jangan disamakan dengan orang tua yang bisa duduk anteng," jelas Moeldoko yang juga mantan Panglima TNI ini.

Ia menilai, perlu ada kolaborasi antara pemerintah dan swasta untuk percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

"Anak-anak itu, kalau satu nangis (setelah disuntik) bisa nular ke yang lain. Nah, ini perlu kemasan yang menarik, misalnya, ada permainan dan snack supaya mereka lebih senang," ujar Moeldoko.

Baca Juga:

Kurangi Risiko Rawat di RS, Vaksinasi Booster Terus Dikebut

Sebelumnya, saat memantau pelaksanaan vaksin yang dilakukan secara virtual, Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan terkait pentingnya percepatan vaksinasi anak dan lansia.

"Ini penting sekali karena memang kasus sekarang ini sedang naik sehingga diperlukan percepatan vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak,” kata Jokowi.

Presiden pun menyampaikan, dua kunci utama dalam pengendalian COVID-19, khususnya varian Omicron saat ini.

Yakni percepatan vaksinasi baik dosis kedua maupun booster serta kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker. (Knu)

Baca Juga:

Karantina PPLN yang Sudah Divaksin Booster Kini Hanya 3x24 Jam

#Vaksinasi #Vaksinasi Anak #Kasus COVID-19 #COVID-19
Bagikan
Bagikan