Kesehatan
Vaksin untuk Kanker Mungkin akan Tersedia Sebelum 2030 Teknologi mRNA dalam vaksin COVID-19 dapat digunakan kembali untuk menyerang sel kanker. (Foto: freepik/freepik)

VAKSIN yang menargetkan kanker dapat tersedia sebelum akhir dekade. Demikian menurut tim peneliti di balik kesuksesan salah satu vaksin COVID-19 selama pandemi.

Pasangan Ugur Sahin dan Ozlem Tureci yang ikut mendirikan BioNTech, perusahaan Jerman yang bermitra dengan Pfizer untuk memproduksi vaksin mRNA COVID-19 revolusioner, mengatakan mereka telah membuat terobosan yang memicu optimisme mereka terhadap vaksin kanker di tahun-tahun mendatang.

Berbicara di BBC pada Minggu (16/10) dengan Laura Kuenssberg, Prof Türeci menggambarkan bagaimana teknologi mRNA di jantung vaksin COVID-19 BioNTech dapat digunakan kembali sehingga sistem kekebalan prima untuk menyerang sel kanker alih-alih menyerang virus Corona.

Ketika ditanya kapan vaksin kanker berdasarkan mRNA mungkin siap digunakan pada pasien, Prof Sahin mengatakan vaksin itu bisa tersedia sebelum 2030.

Baca juga:

Alasan Vaksin Meningitis Penting bagi Jemaah Haji dan Umroh

Cara kerja vaksin

Vaksin untuk Kanker Mungkin akan Tersedia Sebelum 2030
Vaksin tersebut diharapkan dapat digunakan untuk kanker usus, melanoma dan jenis kanker lainnya. (Foto: freepik/rawpixel.com)

Vaksin mRNA COVID-19 bekerja dengan mengangkut instruksi genetik untuk protein lonjakan yang tidak berbahaya pada virus COVID-19 ke dalam tubuh. Instruksi diambil oleh sel yang menghasilkan protein lonjakan.

Protein ini atau antigen, kemudian digunakan sebagai petunjuk yang memberi tahu antibodi sistem kekebalan dan pertahanan lain apa yang harus dicari dan diserang.

Pendekatan yang sama dapat dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan untuk mencari dan menghancurkan sel kanker, kata Tureci selaku kepala petugas medis BioNTech. Bukannya membawa kode yang mengidentifikasi virus, vaksin tersebut berisi instruksi genetik untuk antigen kanker, protein yang menempel pada permukaan sel tumor.

BioNTech sedang mengerjakan vaksin kanker mRNA sebelum pandemi melanda, tetapi perusahaan itu putar haluan untuk memproduksi vaksin COVID-19 dalam menghadapi keadaan darurat global.

Perusahaan tersebut sekarang memiliki beberapa vaksin kanker dalam uji klinis. Tureci mengatakan pengembangan dan keberhasilan vaksin Pfizer/BioNTech yang mirip dengan suntikan Moderna COVID-19, bermanfaat dalam proyek vaksin kanker mereka.

Baca juga:

Baru, Terapi Kanker dengan Menggunakan Virus

Tantangan vaksin kanker

Vaksin untuk Kanker Mungkin akan Tersedia Sebelum 2030
BioNTech sedang mengerjakan vaksin kanker mRNA sebelum pandemi, tetapi putar haluan untuk memproduksi vaksin COVID-19. (Foto: freepik/prostooleh)

Perusahaan Jerman itu berharap untuk mengembangkan pengobatan untuk kanker usus, melanoma, dan jenis kanker lainnya. Tetapi rintangan besar terbentang di depan. Sel-sel kanker yang membentuk tumor dapat dipenuhi dengan berbagai macam protein yang berbeda, sehingga sangat sulit untuk membuat vaksin yang menargetkan semua sel kanker dan tidak ada jaringan sehat.

Tureci memberi tahu Kuenssberg bahwa BioNTech telah mempelajari cara membuat vaksin mRNA lebih cepat selama pandemi, dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sistem kekebalan tubuh manusia merespons mRNA.

Perkembangan yang intens dan peluncuran yang cepat dari suntikan COVID-19 juga telah membantu regulator obat-obatan mencari cara untuk menyetujui vaksin. “Ini pasti akan mempercepat juga vaksin kanker kita,” tambahnya.

Namun, Tureci tetap berhati-hati tentang pekerjaan itu. “Sebagai ilmuwan, kami selalu ragu untuk mengatakan bahwa kami akan memiliki obat untuk kanker. Kami memiliki sejumlah terobosan dan kami akan terus mengerjakannya,” jelasnya. (aru)

Baca juga:

Protein pada Darah Dapat Menunjukkan Risiko Kanker dan Diabetes

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
The School for Good and Evil Hadir di Netflix Oktober 2022
Fun
The School for Good and Evil Hadir di Netflix Oktober 2022

Kabar gembira untuk para penggemar buku karya Soman Chainani The School for Good and Evil.

Atiqah Hasiholan dan Melanie Subono Ajak Masyarakat Konsumsi Produk Lokal
ShowBiz
Pengguna Android, Hati-hati dengan EarSpy
Fun
Pengguna Android, Hati-hati dengan EarSpy

kemampuan peretasan baru yang dinamakan EarSpy itu dapat mengambil seluruh identitas pengguna ponsel.

Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE
Fun
Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE

Pameran Seni yang tak boleh dilewatkan.

Remaja Mulai Jatuh Cinta, Bagaimana Sikap Orangtua?
Fun
Remaja Mulai Jatuh Cinta, Bagaimana Sikap Orangtua?

Mengekang kebebasan anak remaja yang mulai beranjak dewasa untuk jatuh cinta sangat tidak adil dan berpotensi membuat mereka malah akan menjauhi orangtua.

Japandi, Tren Desain Interior Bergaya Campuran Jepang dan Skandinavia
Fun
Japandi, Tren Desain Interior Bergaya Campuran Jepang dan Skandinavia

Tren interior ala Japandi semakin banyak dilirik.

4 Frozen Food Menyehatkan Tubuh
Fun
4 Frozen Food Menyehatkan Tubuh

Nutrisi pada frozen food tetap terjaga.

Sains Menjawab Alasan Awal Ramadan Tahun ini Dimulai pada 3 April 2022
Fun
Perencanaan Bisnis Matang Kunci UMKM Punya Umur Panjang
Hiburan & Gaya Hidup
Perencanaan Bisnis Matang Kunci UMKM Punya Umur Panjang

UMKM masih terkendala akses permodalan

Porsche Indonesia Ajak Anak-anak Berekspresi Lewat Lukisan
Fun
Porsche Indonesia Ajak Anak-anak Berekspresi Lewat Lukisan

Porsche Indonesia mengajak anak-anak untuk mengekspresikan imajinasinya dengan melukis di Porsche Taycan Electric.