Vaksin Pelajar Sistem Barcode Tangerang Cepat Cuma 1 Menit, Daftar di Sini

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 28 Juli 2021
Vaksin Pelajar Sistem Barcode Tangerang Cepat Cuma 1 Menit, Daftar di Sini
Ilustrasi vaksin untuk pelajar. (antaranews)

MerahPutih.com - Uji coba mekanisme baru vaksinasi bagi pelajar usia 12 hingga 17 tahun di Kota Tangerang dengan menggunakan aplikasi yang dapat diakses melalui gawai terbukti lebih cepat dari jalur yang biasanya.

Antusias peserta tinggi karena prosedurnya juga lebih mudah. Bagi pelajar Kota Tangerang yang ingin menggunakan fasilitas ini tinggal mengakses website pendaftaran vaksinasi melalui link https://vaksinasi.tangerangkota.go.id/.

Baca Juga:

Tangerang Uji Coba Daftar Online Vaksin Khusus Pelajar Pakai Gawai



"Jadi, perbedaan dengan sebelumnya adalah kami sudah mengirimkan barcode ke sekolah, yang berisi data siswa, kemudian siswa hanya tinggal datang ke sekolah dan mengambil barcode, melakukan screening, mendapatkan vaksin dan observasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Mulyani, dalam rilis dilansir Rabu (28/7).

vaksin pelajar
Pendataan vaksin melalui sistem barcode. ANTARA/HO-Pemkot Tangerang

Menurut Mulyani, sistem barcode ini merupakan uji coba kedua sekaligus penyempurnaan website dan sistem baru yang dibuat oleh Diskominfo. Dia juga berharap, nantinya para pelajar Tangerang dapat menggunakan sistem ini secepatnya sehingga proses vaksinasi bisa lebih cepat dan kekebalan komunal juga segera tercapai.

Baca Juga:

BIN Turun Gunung, Vaksin Para Pelajar SMP dan SMA

Pengakuan tentang efektivitas sistem barcode juga datang dari para tenaga kesehatan (nakes) tangerang. Kepala Puskesmas Sukasari, dr. Efi Handayani mengakui sistem baru ini membuat pelaksanaan vaksinasi berjalan lebih cepat dari sebelumnya, karena memotong beberapa tahapan.

“Sekarang, karena sudah dengan sistem barcode jadi meja registrasi dihapuskan, proses pendataan juga lebih cepat. Petugas cukup scan barcode saja melalui handphone," tutur dia.

Saat pelaksanaan, lanjut dia, siswa datang menunjukkan barcode ke meja screening. Setelah proses screening, masuk proses penyuntikan vaksin dan observasi. "Satu anak sekarang prosesnya kurang lebih hanya satu menit, jadi prosesnya lebih cepat dan simpel,” tegas dia.

vaksin pelajar
Seorang pelajar melaksanakan vaksinasi dengan mekanisme pendaftaran menggunakan gawai untuk percepatan pelayanan di Tangerang, Senin (26/7/2021) ANTARA/HO


Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengaku jika mekanisme baru yang sedang diuji coba dirasa akan membantu dalam percepatan proses vaksinasi yang dilakukan setiap harinya mengingat proses pendataan, skrinning hingga input data ke sistem P- Care Kemenkes tidak lagi dilakukan secara manual.

"Petugas hanya tinggal ditunjukan QR Code dari peserta vaksinasi untuk input semua data yang diperlukan. Proses input ke P-Care juga lebih mudah dan cepat dibanding yang dilakukan secara manual," katanya, awal pekan ini. (*)

Baca Juga:

Nakes Terbantu, Vaksin Pelajar Sistem Barcode Tangerang Pangkas Prosedur Ribet

#Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) #Vaksinasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan