Kesehatan
Vaksin Johnson & Johnson Sebabkan Pembekuan Darah Langka? Ada yang mengatakan vaksin J&J memiliki efek samping yang buruk. (Foto: Unsplash/Markus Winkler)

AS, Afrika Selatan, dan Uni Eropa untuk sementara akan menghentikan peluncuran vaksin COVID-19 Johnson & Johnson (J&J), setelah adanya laporan efek samping pembekuan darah yang jarang terjadi.

Enam kasus terdeteksi dalam lebih dari 6,8 juta dosis vaksin, kata Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Johnson & Johnson telah menghentikan peluncuran Eropa, yang dimulai minggu ini. Sebelumnya, ada kasus serupa setelah suntikan vaksin AstraZeneca, yang mendorong pembatasan penggunaannya.

Baca Juga:

Pandemi Masih Melanda, Yuk Ngabuburit di Rumah Aja

vaksin
Vaksin J&J sudah diizinkan untuk digunakan di AS pada 27 Februari.(Foto: 123RF/Oleksandr Lutsenko)

FDA mengatakan, merekomendasikan jeda sementara ini sebagai langkah yang sangat berhati-hati. Dipastikan bahwa satu pasien meninggal karena komplikasi pembekuan darah, dan satu lagi dalam kondisi kritis.

Keenam kasus terjadi pada perempuan berusia antara 18 dan 48 tahun, dengan gejala muncul enam hingga 13 hari setelah vaksinasi.

Mengikuti saran tersebut, semua fasilitas federal di AS telah berhenti menggunakan vaksin sampai penyelidikan lebih lanjut tentang keamanannya selesai. Negara dan pihak swasta lain diharapkan untuk mengikutinya.

AS sejauh ini memiliki kasus COVID-19 terkonfirmasi yang paling banyak, lebih dari 31 juta dengan lebih dari 562.000 kematian, tertinggi di dunia.

Baca Juga:

Lockdown, Museum di Jerman Ini Malah Pecahkan Rekor

vaksin
Enam kasus pembekuan darah terdeteksi dalam lebih dari 6,8 juta dosis vaksin. (Foto: 123RF/Tatiana Shepeleva)

Johnson & Johnson adalah perusahaan perawatan kesehatan AS, tetapi vaksinnya dikembangkan terutama oleh cabang farmasi di Belgia, dan juga dikenal sebagai Janssen. Tidak seperti beberapa vaksin COVID-19 lain, vaksin ini hanya diberikan dosis tunggal dan dapat disimpan pada suhu lemari es normal. Kelebihan tersebut membuatnya lebih mudah untuk didistribusikan di iklim yang lebih panas atau daerah yang lebih terpencil.

Sementara banyak negara telah memesan jutaan dosis di muka, vaksin ini baru disetujui di beberapa negara.

Vaksin J&J sudah diizinkan untuk digunakan di AS pada 27 Februari, tetapi vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna telah digunakan secara lebih luas. Vaksin J&J telah diberikan kepada hampir tujuh juta orang di AS, yaitu sekitar 3% dari total imunisasi yang diberikan sejauh ini.

Dr Anthony Fauci, penasihat COVID-19 top negara tersebut mengatakan, masih terlalu dini untuk berkomentar apakah otorisasinya dapat dicabut.

Afrika Selatan, yang merupakan negara pertama yang memberikan vaksin, juga menghentikan penggunaannya, meskipun tidak ada kasus pembekuan darah yang dilaporkan di negara tersebut.

Suntikan menjadi vaksin yang disukai di sana setelah penelitian menunjukkan vaksin itu memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap varian Afrika Selatan daripada suntikan lainnya. Sejak pertengahan Februari, hampir 300.000 petugas kesehatan telah menerimanya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Makan Pisang di Malam Hari Sebabkan Batuk

WHO menunggu

vaksin
Vaksin Johnson & Johnson-Banyak negara menunggu perkembangan penelitian vaksin J&J di AS. (Foto: forbes.com)

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sedang memantau situasi dan menunggu laporan dari regulator AS dan Eropa.

Sementara itu, pengiriman vaksin ke negara-negara UE dimulai hanya 24 jam sebelum J&J mengatakan akan menghentikan peluncuran vaksin di Eropa. Karena belum dikelola di UE, para ahli di sana akan melihat ke Amerika Serikat untuk melihat apa langkah mereka selanjutnya.

Peluncuran vaksin UE telah dikritik oleh WHO karena terlalu lambat, dan ada kekhawatiran penundaan terbaru ini dapat menimbulkan kekacauan lebih lanjut.

Vaksin Johnson & Johnson belum disetujui di Inggris, meskipun 30 juta dosis sudah dipesan sebelumnya. Departemen Kesehatan mengatakan penundaan peluncuran tidak akan memengaruhi pasokan vaksin di Inggris, atau menggagalkan tujuan untuk menawarkan suntikan kepada semua orang dewasa pada akhir Juli.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: COVID-19 Bisa Sembuh dengan Paracetamol

vaksin
Tidak ada hubungan sebab-akibat yang jelas telah dibuat antara peristiwa langka ini dan vaksin COVID-19 Janssen. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

Kanada telah memesan 10 juta dosis vaksin di muka, dan "masih dalam jadwal" untuk menerima pengiriman pertama pada akhir bulan ini, kata Perdana Menteri Justin Trudeau. "Tapi yang jelas, kami mengikuti perkembangan di Amerika Serikat," tambahnya.

Dari pihak perusahaan, Johnson & Johnson mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka telah membagikan "semua laporan kejadian buruk" dengan otoritas kesehatan.

Mereka menambahkan, "Kami menyadari bahwa peristiwa tromboemboli termasuk mereka dengan trombositopenia telah dilaporkan dengan vaksin COVID-19. Saat ini, tidak ada hubungan sebab-akibat yang jelas telah dibuat antara peristiwa langka ini dan vaksin COVID-19 Janssen (J&J)." (aru)

Baca Juga:

‘Daging Palsu’ Dijual di London, Inggris

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
6 Aktris Korea Buktikan Popularitas dengan Miliki 10 Juta Pengikut
ShowBiz
6 Aktris Korea Buktikan Popularitas dengan Miliki 10 Juta Pengikut

Instagram adalah salah satu cara yang paling disukai penggemar untuk terhubung dengan bintang favorit mereka.

Image Idola K-Pop Perempuan Berhasil Mengecoh Penggemar
ShowBiz
Image Idola K-Pop Perempuan Berhasil Mengecoh Penggemar

Penggemar baru tahu seperti apa aslinya idola Kpop ini.

Levi’s x Bitmoji Luncurkan Avatar Modis
Fashion
Levi’s x Bitmoji Luncurkan Avatar Modis

Bitmoji bisa menjadi salah satu cara merek menjalin hubungan dengan konsumen.

Mba-Mba BKT Doyan Jajan Makanan Kaki Lima
Fun
Mba-Mba BKT Doyan Jajan Makanan Kaki Lima

Mba-mba BKT sangat nyentrik.

'No Song Without You', Mixtape Terbaru dari Honne
ShowBiz
'No Song Without You', Mixtape Terbaru dari Honne

No Song Without You ini merupakan karya teranyar Honne sejak album terakhir mereka di 2018

3 Sepatu Lari Terbaik, Ada yang Pecahkan Rekor Maraton
Fun
3 Sepatu Lari Terbaik, Ada yang Pecahkan Rekor Maraton

Pakai sepatu lari ini untuk berolahraga di tengah pandemi COVID-19

Pemanasan Global: Salju Terlihat Berwarna Merah Muda
Fun
Pemanasan Global: Salju Terlihat Berwarna Merah Muda

Gletser berubah warna menjadi merah muda.

Pagar Betis yang Mengacaukan Penjaga Gawang
Fun
Pagar Betis yang Mengacaukan Penjaga Gawang

pandangan penjaga gawang terhalang oleh pagar betis itu.

Amy Poehler Kenalkan Feminisme pada Gen Z Lewat ‘Moxie’
ShowBiz
Amy Poehler Kenalkan Feminisme pada Gen Z Lewat ‘Moxie’

Dikemas lewat jalan cerita yang relevan.

Pharrell Williams Produksi Alat Makan Unik dari Plastik Daur Ulang
ShowBiz
Pharrell Williams Produksi Alat Makan Unik dari Plastik Daur Ulang

The Pebble, set alat makan dari plastik daur ulang dari Pharrell Williams.