Demo UU Ciptaker Rusuh, Belasan Kamera e-Tilang Rusak

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 30 Oktober 2020
Demo UU Ciptaker Rusuh, Belasan Kamera e-Tilang Rusak
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Demo terkait Omnibus Law yang berujung kericuhan beberapa waktu belakangan ini membuat belasan titik kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di Jakarta rusak.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, 12 titik kamera itu rusak pasca demo yang berujung kericuhan beberapa kali.

"Tempatnya banyak ya masih sekitaran Sudirman Thamrin khususnya di deket pos-pos lantas yang dibakar," kata Kombes Sambodo kepada wartawan di Gerbang Tol Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10)

Baca Juga

Polri Siagakan 160.916 Personel Amankan Puncak Arus Balik Libur Panjang

Sambodo mengatakan 12 titik E-TLE itu diduga kuat dirusak oleh massa perusuh. Kondisi kamera E-TLE itu sendiri ada yang miring posisinya hingga rusak tidak bisa digunakan.

"Ada yang memang panelnya yang rusak, ada yang disodok sehingga dia posisinya (miring), ada yang kabelnya putus dan sebagainya," beber Sambodo.

"Ya enggak mungkin rusak sendiri kan. Tapi kan ini di depan kamera ETLE ada CCTV juga nanti kita lihat lah prosesnya seperti apa yang dirusak," sambungnya.

Polisi menempatkan sejumlah petugas di titik-titik lokasi kamera yang dirusak agar pengawasan lalu lintas tetap berjalan normal sambil menunggu perbaikan selesai.

Terkait aksi anarkis merusak kamera ETLE, Polisi sampai saat ini terus melakukan penyelidikan guna mengungkap siapa orang yang merusak kamera e-tilang.

"Masih dalam penyelidikan dan beberapa sudah ditangkap juga kemarin sudah diekspos sama Krimum kan," ujarnya.

Seperti diketahui, aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law sudah terjadi sejak awal bulan ini. Aksi unjuk rasa itu digelar oleh berbagai elemen massa mulai dari massa mahasiswa hingga buruh.

Baca Juga

Sabtu-Minggu Jadi Puncak Arus Balik Libur Panjang

Aksi unjuk rasa ini tidak serta merta berjalan dengan lancar dan damai. Kericuhan sempat terjadi di Jakarta pasca demo itu berlangsung hingga polisi sempat mengamankan ratusan orang bahkan puluhan di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka. (Knu)

#Demo UU Cipta Kerja #E-Tilang
Bagikan
Bagikan