Usulkan Puan-Anies di Pilpres 2024, Politikus PDIP: 'Mas Jawa Tengah' Paling Jadi Menteri

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 06 Juni 2021
Usulkan Puan-Anies di Pilpres 2024, Politikus PDIP: 'Mas Jawa Tengah' Paling Jadi Menteri
Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri)dan Duta Besar Belanda Lambert Grijns (kiri) di Bundaran Senayan, Kamis (3/6). ANTARA/Ricky Prayoga/aa.

Merahputih.com - Politikus PDIP Effendy Simbolon mendukung jika Ketua Umum PDIP Puan Maharani dipasangkan dengan Anies Baswedan dibanding dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Saya pribadi mengusulkan Mbak Puan capres dan Mas Anies cawapres," kata Effendy Simbolon saat jadi penanggap dalam rilis survei Parameter Politik Indonesia, secara daring, Sabtu (5/6).

Baca Juga:

Puan Minta Kepala Daerah Jujur soal Data COVID-19

Dengan tingginya elektabilitas PDIP, maka sebaiknya Puan yang jadi calon presiden. Sementara Anies menjadi cawapresnya. Effendi juga menyindir kader PDIP lainnya, Ganjar Pranowo yang ia prediksi hanya akan sampai tingkat menteri.

"Realitasnya di partai, saya melihat kemungkinan terbesar itu Puan (capres). Kalau mas yang Jawa Tengah saya kira paling ya sampai tingkat nanti jadi menterilah," kata Effendi.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. (H.C.) Puan Maharani. ANTARA/HO-Humas UI
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. (H.C.) Puan Maharani. ANTARA/HO-Humas UI

Berdasarkan telaah, kelompok nasionalis di Indonesia tak bisa mengesampingkan kelompok religius. Namun, di satu periode terakhir, dua kelompok ini justru kerap dianggap berhadap-hadapan. "Saya sebagai politisi melihat cocok mempertemukan (Puan dan Anies)," kata Simbolon.

Effendi menyebut dalam internal partai ada aturan yang harus diikuti dalam mengusung capres. Effendi menilai publik tidak boleh terburu-buru menilai sosok Puan. Menurutnya, Puan masih bisa menunjukkan hal yang lebih untuk kontestasi pada 2024.

Baca Juga:

Dianggap Berseteru, Ganjar: Mbak Puan Komandan Tempur Saya

"Kita lihat saja, masa tak kenal maka tak sayang, masa membuat persepsi yang negatif ke Puan," kata Effendi.

Sebelumnya, survei Parameter Politik Indonesia menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres teratas untuk 2024 dengan elektabilitas 16,5 persen. Prabowo unggul atas Ganjar di posisi kedua (13,8%) dan Anies di posisi ketiga (12,1%). (Knu)

#Anies Baswedan #Puan Maharani
Bagikan
Bagikan