Usulan Sandi Terkait Debat Tanpa Panelis, KPU Sebut Ngawur: Lalu Siapa yang Bikin Soal? Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno saat berada di Batu, Malang (@sandiuno)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat eveluasi sekaligus persiapan debat pilpres ketiga di kantor KPU RI, Rabu (20/2).

Dalam rapat KPU akan mendengarkan semua masukan serta usulan dari pihak paslon 01 dan paslon 02. Termasuk soal usulan debat tanpa panelis.

"Ya, tentu kita dengar," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan di kantornya, Rabu (20/2).

Meski demikian, Wahyu menggarisbawahi bahwa pembuat materi soal debat yang telah diamanatkan kepada panelis telah diatur Undang-Undang Pemilu.

"Dalam UU dijelaskan bahwa dalam debat itu ada satu unsur yang namanya pembuat materi. Itu perintah UU," tandasnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: kpu.go.id)
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: kpu.go.id)

Terkait usulan itu, kata Wahyu, tentu harus dibicarakan dan diputuskan bersama dengan penuh kehati-hatian.

"Bisa dibayangkan kalau kemudian gak ada panelis. Ngawur. Lalu siapa yang buat materi soal?" tutur dia.

Pada kesempatan yang sama, Wahyu mengatakan KPU hanya menjalankan UU, terkait berbagai usulan tersebut tentu akan diakomodir. Hanya saja, dia menegaskan kembali bahwa KPU hanya berpatokan kepada UU.

"(Kalau ada usul para kandidat saling tanya) kan sudah. UU perintahnya begitu kok," tukas Wahyu.

Sebelum itu, cawapres nomor 02 Sandiaga Uno mewacanakan peniadaan panelis di debat ketiga nanti. Alasannya, pertanyaan yang diracik tidak aktual dan cenderung sulit ditangkap masyarakat.

"Ternyata pertanyaan yang disampaikan panelis tidak ditangkap masyarakat. Saya usulkan debat ketiga, bahwa kita tidak usah diberi pertanyaan," ucap Sandiaga baru-baru ini. (Fdi)

Kredit : fadhli


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH