Usul Si Kaya Nikahi Si Miskin, Sandi: Terlalu Sentuh Ranah Privat Sandiaga Uno. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Anggota Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno menanggapi jenaka soal ucapan Menko PMK Muhadjir Effendy soal fatwa pernikahan lintas ekonomi. Menurut Sandiaga, jodoh sudah dipersiapkan oleh Tuhan.

"Tapi jodoh itu bukannya di tangan Allah? Dan saya percaya bahwa jodoh itu enggak tertukar juga," kata Sandiaga kepada wartawan di Rumah Siap Kerja (RSK), Kebayoran Baru, Jaksel, Sabtu (22/2).

Baca Juga:

Mensos Juliari: Jangan Pelihara Orang Miskin

Ia mengatakan, kemiskinan memang perlu diberantas. Namun, usulan agar orang kaya menikahi orang miskin itu terlalu menyentuh ranah pribadi warga.

"Kalau mengawinkan antara si kaya dan si miskin ini saya rasa pemerintah terlalu jauh masuk ke ranah privat. Ini pendapat pribadi saya karena saya bukan pejabat, bukan ada dalam pemerintahan, tapi itu harapan saya," ujar dia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sandiaga mengatakan, pernikahan merupakan masalah pribadi masing-masing. Pemerintah, menurut Sandiaga, tak bisa mencampuri urusan pribadi warga.

"Saya sepakat bahwa Pak Muhadjir ini ingin memberantas kemiskinan dan salah satu inovasinya adalah dengan mengawinkan antara si kaya dan si miskin. Justru menurut saya, ini hal yang sangat privat dan tentunya dipulangkan kembali ke masing-masing individu," ujar dia.

Baca Juga:

KPK Jebloskan Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ke Lapas Sukamiskin

Diketahui, Menteri Muhadjir mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi agar menerbitkan fatwa tentang pernikahan antartingkat ekonomi. Menurut dia, hal ini bisa mencegah peningkatan angka kemiskinan.

Muhadjir mengatakan, ajaran agama yang kadang-kadang disalahtafsirkan, seperti mencari jodoh yang setara.

“Apa yang terjadi? Orang miskin cari juga sesama miskin, akibatnya ya jadilah rumah tangga miskin baru. Inilah problem di Indonesia,” tuturnya

Itu sebabnya, dia menyarankan Menteri Agama membuat fatwa. “Yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin." (Knu)

Baca Juga:

Demokrat: Sudah Sepatutnya Para Rampok Jiwasraya Dimiskinkan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH