Usir Warga Sedang Minum Miras di 'Runway' Bandara, Dua Anggota Paskhas Dianiaya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 16 Juli 2021
Usir Warga Sedang Minum Miras di 'Runway' Bandara, Dua Anggota Paskhas Dianiaya
Pembakaran terhadap rumah dan kios tempat warga non Papua berjualan (Antaranews)

Merahputih.com - Dua anggota paskhas TNI-AU, Kamis (15/7) petang dianiaya warga di Dogiai hingga salah seorang diantaranya dilaporkan kritis dan saat ini dirawat di RSUD Madi, Kabupaten Paniai.

"Memang benar ada laporan dua anggota Paskhas terluka setelah dianiaya warga yang saat itu sedang meminum minuman keras di landasan (runway) bandara Moanemani," ujar Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan dikutip Antara, Jumat (16/7).

Baca Juga:

RUU Otsus Papua Akomodir Badan Khusus di Bawah Koordinasi Presiden

Insiden itu berawal dari laporan terkait adanya sekelompok warga yang sedang minum miras di runway. Nah, anggota Paskhas dari Yonko 463/Trisula mendatangi TKP dan meminta mereka untuk keluar dan meninggalkan kawasan bandara.

Sesaat setelah keluar kawasan bandara melalui pagar itulah mereka balik dan menyerang kelima anggota paskhas dengan menggunakan senjata tajam dan bebatuan.

"Akibatnya dua anggota mengalami luka serius yakni Koptu Didik Prayudi dan Kopda Atok Tri Utomo hingga harus dilarikan ke RSUD Madi," kata Iwan Setiawan.

Usai menganiaya aparat keamanan, mereka diduga memprovokasi warga hingga melakukan pembakaran terhadap rumah dan kios tempat warga non Papua berjualan.

Baca Juga:

DPR Sahkan RUU Otsus Papua Jadi Undang-Undang

Akibatnya sekitar 30-an bangunan ludes terbakar dan warga mengungsi ke koramil serta polsek, namun belum ada laporan warga sipil yang menjadi korban.

"Jumat pagi Dandim dan Kapolres Nabire yang membawahi Dogiai sedang menuju TKP melalui jalan darat,"jelas Brigjen TNI Iwan Setiawan. (*)

#Papua
Bagikan
Bagikan