Usir Nyamuk dengan 7 Bahan Alami Ini Beberapa bahan alami terbukti efektif mengusir nyamuk. (foto: pixabay/zoran D)

KETIKA musim berganti dari panas ke penghujan, nyamuk pun mulai merebak. Kemunculan gerombolan nyamuk di rumah bisa amat mengganggu, terutama ketika kamu ingin beristirahat di malam hari.

Gigitan nyamuk di kulitmu bisa membuat tak nyaman. Rasa gatal pasti membuatmu tak tenang. Mana bisa istirahat kalau tangan sibuk menggaruk sana-sini. Namun jangan khawatir, gigitan nyamuk bisa kok kamu hindari dengan bahan-bahan alami. Yuk, coba saran yang dilansir Healthline berikut.

BACA JUGA: Berendam Air Panas Bakar Kalori


1. Minyak eukaliptus ditambah lemon

eucalyptus oil
Minyak eukaliptus dan minyak lemon bisa melindungi dari nyamuk selama 3 jam. (foto: Instagram @shinobree)

Eukaliptus merupakan tanaman asal Australia. Kita mengenal minyak eukaliptus dengan sebutan minyak kayu putih. Sejak 1940-an, minyak beraroma hangat ini telah jamak digunakan. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut minyak kayu putih efektif mengusir nyamuk.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa campuran 32% minyak kayu putih dan minyak lemon bisa memberi kamu 95% perlindungan terhadap nyamuk selama 3 jam.

2. Lavender

lavender
Aroma bunga dan minyak lavender sama efektifnya. (foto: Instagram @curiousprovence)

Tak hanya aromanya, minyak lavender juga dapat mengusir nyamuk. Minyak lavender efektif menghalau nyamuk dewasa. Selain itu, lavender juga berkhasiat sebagai analgesik, antijamur, dan antiseptik. Hal itu membuat minyak lavender aman dan ramah untuk kulit anak.

3. Minyak kayu manis

minyak kayu putih
Mengusir nyamuk dewasa, terutama nyamuk Asia. (foto: Instagram @planttherapy)


Sebuah penelitian di Taiwan menyimpulkan minyak kayu manis dapat mematikan telur nyamuk. Minyak tersebut juga bisa mengusir nyamuk dewasa, terutama nyamuk di Asia.

4. Minyak thyme

minyak thyme
Ampuh mengusir nyamuk malaria. (foto: Instagram @lilarose_essential_oil)

Nyamuk malaria yang masih endemik di beberapa daerah di Indonesia ternyata bisa diusir dengan minyak thyme. Penelitian membuktikan 5% minyak thyme memberikan tingkat perlindungan 91%.

Selain digunakan dalam bentuk minyak, daun thyme juga bisa dibakar untuk memberi perlindungan 85% selama 60-90 menit.

5. Minyak kedelai

soy oil
Produk berbasis kedelai bisa melindungi dari nyamuk. (foto: Instagram @allganic_udai)


University of Florida Medical Entomology Laboratory melaporkan bahwa produk berbasis kedelai bisa memberikan perlindungan jangka panjang dari nyamuk.

6. Minyak serai

citronella oil
Minyak serai efektif menolak nyamuk. (foto: Instagram @onestop_orgayncs)

Minyak serai atau citronella merupakan minyak esensial alami yang efektif menolak nyamuk. Ketika berada di luar ruangan, minyak serai dapat memberikan perlindungan hingga 50% lebih. Minyak ini juga kini mudah kamu temukan di pasaran.

7. Minyak tea tree

tea tree oil
Punya sifat antiseptik, antimikroba, dan antiperadangan. (foto: Instagram @oilbox.bysyil)

Minyak tea tree merupakan minyak esensial yang populer dari Australia. Minyak itu dikenal karena sifat antiseptik, antimikroba, dan antiperadangan. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa minyak tea tree bisa menjadi obat nyamuk yang efektif.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH