Usir Kantuk dengan Makanan yang Tepat Pilihan makanan tepat bikin kamu segar meski kurang tidur. (foto: sleepsavvy)

SAAT musim demam Piala Dunia seperti sekarang, tak sedikit yang mengalami kondisi kurang tidur. Bagaimana tidak, menonton pertandingan hingga larut malam atau dini hari lalu berlanjut dengan aktivitas pagi praktis membuat penggila bola hanya tidur 2-3 jam saja.

Hal itu tentu tidak optimal bagi tubuh. Pasalnya, kekurangan waktu tidur menjadi kondisi yang tidak menguntungkan bagi tubuh, karena otak kekurangan waktu untuk beristirahat. Saat kurang tidur seseorang cenderung merasa lelah. Di samping penurunan performa aktivitas pada siang hari, kondisi mengantuk biasanya juga menyebabkan rasa lapar yang berlebih akibat peningkatan hormon ghrelin. Namun, memenuhi keinginan makan yang banyak saat mengantuk tidak akan membuat otak kamu segar kembali, malah terkadang dapat membuat mengantuk lebih parah.

Makanan memang bisa meningkatkan atau menurunkan energi. Semuanya tergantung pada jumlah dan frekuensi konsumsi. Agar makanan bermanfaat, kamu perlu tahu makanan apa saja yang baik diasup saat kurang tidur. Berikut makanan yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi secara optimal saat kekurangan waktu tidur.

1. Ikan dengan kandungan minyak tinggi

salmon
Pilih salmon untuk asupan energi. (foto: pixabay/cattalin)

Pada umumnya, berbagai jenis ikan laut memiliki kandungan minyak yang tinggi, seperti ikan salmon, tuna, dan sarden. Lemak tak jenuh dan protein yang bersumber dari berbagai ikan jenis tersebut akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan lebih bertenaga. Dengan begitu, rasa lapar akan diminimalisasi lebih baik. Ujungnya, kamu tidak akan mengemil. Lemak tak jenuh juga membantu efisiensi kerja otak sehingga kamu tetap dapat berkonsentrasi dan menjaga kestabilan mood walaupun sedang merasa lelah.

2. Kacang-kacangan

kacang mede
Pilihlah kacang mede untuk asupan lemak baik. (foto: pixabay/tookapic)

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang baik untuk menjaga rasa lapar berlebih. Selain itu, kacang-kacangan dapat menjaga peningkatan hormon stres berlebih. Pemilihan konsumsi kacang tinggi lemak seperti kacang mede lebih baik ketimbang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan pemanis. Pasalnya, hal itu dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

3. Makanan bersumber gandum utuh

oatmeal
Oatmeal membantu menahan nafsu makanan berlebih. (foto: pixabay/congerdesign)

Gandum utuh atau whole-grain seperti pada oatmeal dan roti gandum membantu menahan nafsu mengasup makanan lebih banyak saat merasa lelah. Jenis makanan ini tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga karbohidrat kompleks yang dapat menghasilkan energi lebih banyak, dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh, serta dapat mencegah peningkatan kadar glukosa berlebih di dalam tubuh.

4. Telur

telur
Telur mencegah tekanan pada sel otot. (foto: pixabay/myriams_fotos)

Salah satu dampak dari kondisi mengantuk ialah tekanan pada sel otot. Namun, hal itu dapat dikurangi dengan asupan asam lemak seperti EPA dan DHA yang terdapat di dalam putih telur. Senyawa asam lemak itu juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dengan mencegah peningkatan tekanan darah.

5. Buah mangga

mangga
Gula dalam buah mangga jauh lebih sehat. (foto: pixabay/liwanchun)

Salah satu efek mengantuk ialah keinginan untuk memakan makanan manis. Konsumsi buah manga dapat mengatasi kondisi itu karena mangga mengandung banyak gula alami yang lebih baik untuk mengatur kadar energi tubuh ketimbang gula tambahan pada makanan.

6. Buah blueberry

Seimbangkan gula darah dengan blueberry. (foto: pixabay/couleur)

Salah satu kandungan buah blueberry ialah senyawa antioksidan yang dapat menguatkan imun tubuh. Mengonsumsi blueberry akan mengurangi terjadinya infeksi penyakit akibat penurunan imunitas saat tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat. Buah blueberry juga berkhasiat menyeimbangkan kadar gula darah sehingga kamu tidak menjadi mudah lapar.(*)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Ghost Teller', Webtoon Horor dengan Sudut Pandang Hantu
ShowBiz
'Ghost Teller', Webtoon Horor dengan Sudut Pandang Hantu

Berbeda dari yang lain, biasanya yang menggosip tentang hantu adalah manusia, kali ini hantu yang bergosip soal manusia.

Drama Korea yang Diadaptasi di Negara Lain, Termasuk Indonesia
ShowBiz
Drama Korea yang Diadaptasi di Negara Lain, Termasuk Indonesia

Berikut drama Korea yang diadaptasi ke berbagai negara:

Ups! Robert Downey Jr Dilaporkan ke Polisi
ShowBiz
Ups! Robert Downey Jr Dilaporkan ke Polisi

Robert Downey Jr dilaporkan tetangganya karena bperbuatan tak senonoh.

Cara Menghindari Tersengat Listrik Saat Banjir
Fun
Cara Menghindari Tersengat Listrik Saat Banjir

Berikut ini imbauan dari PLN Unit Induk Distribusi Jakarta raya untuk mengantisipasi bahaya listrik saat dan setelah surut.

Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan
Fun
Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan

Berikut ini sederet manfaat dari lada putih.

Sony dan Microsoft Bergabung untuk Dukung Gerakan Antirasialisme
Fun
Sony dan Microsoft Bergabung untuk Dukung Gerakan Antirasialisme

Saat rival sejati bersatu melawan rasialisme.

Lagi, ‘Tenet’ Tunda Tayang
ShowBiz
Lagi, ‘Tenet’ Tunda Tayang

Hingga Agustus 2020.

Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya!
Fun
Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya!

Kamu perlu hati-hati memilih jenis dan produk perawatan bila tak ingin rambut jadi rusak

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini
Fun
Benarkan Mata Minus Tak Bisa Melahirkan Normal?
Fun
Benarkan Mata Minus Tak Bisa Melahirkan Normal?

Tak ada bukti ilmiah yang kuat jika mengejan bisa membuat retina mata lepas