Usia Muda Tapi Tampang Tua? Ini Penyebabnya! Kebiasaan buruk membuat kamu terlihat lebih tua (Foto: Pexels/Oleg Magni)

UMUR masih 20-an, tapi tampang sudah kayak bapak-bapak usia kepala empat. Bahkan seperti usia kepala lima. Inilah mungkin hal yang sering menghantui kamu. Misalnya ketika kamu bertemu dengan orang tak dikenal di jalan. Pasti sering dipanggil 'pak' daripada 'mas'. Bertemu anak kecil juga, bukannya dipanggil 'kak' tapi malah dipanggil 'om'. Pokoknya serasa sudah tua banget deh.

Jadi kenapa tampang kamu bisa terlihat tua padahal masih muda? Tentu ada penyebabnya. Ya, penyebabnya ialah gara-gara kamu sendiri. Ada banyak kebiasaan tidak sehat yang kerap kamu lakukan. Demikian menurut laman Men's Health.

Nah, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang membuat tampang kamu terlihat tua menurut Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Mount Sinai Hospital.

1. Tidak pakai sunblock

Paparan sinar UV dapat merusak sel-sel pada kulit (Foto: Pixabay/dimitrisvetsikas1969)

Meskipun kamu pria jangan malas pakai sunblock. Paparan sinar UV menyebabkan radikal bebas dan dapat merusak kolagen, elastin, dan sel-sel pada kulit. Akhirnya kamu akan mengalami penuaan dini pada kulit dengan diliputi kerutan, bintik hitam, bahkan perkembangan kanker kulit. Jadi, untuk menghindari itu semua kamu cukup menggunakan sunblock dengan SPF 30.

2. Kurang tidur

Janga bedagang terus ya! (Foto: pexels/Abet Llacer)

Ingin awet muda cukup dengan tidur. Jangan sering-sering begadang deh. Apalagi kurang tidur juga dapat meninggikan risiko kamu terkena berbagai macam penyakit. Pada malam hari, sel-sel kulit bekerja untuk memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi di siang hari. Contohnya seperti terkena sinar matahari dan polusi. Jadi sebaiknya tidur 6-8 jam sehari supaya kulit kamu tidak setres.

3. Jarang makan sayur dan buah

Buah dan sayuran memiliki nutrisi penting untuk kulit (Foto: Pexels/:Lukas)

Buah dan sayuran memiliki nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Makanan yang seimbang dengan sarat buah dan sayuran bisa membantu mencegah kerusakan yang membuat kulit terlihat tua lebih dini. Bahkan, buah dan sayuran yang mengandung vitamin E secara khusus dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan juga masalah pigmentasi kulit. Buah dan sayuran dengan kandungan Vitamin E termasuk mangga, alpukat, brokoli, dan tomat.

4. Kebanyakan makan gula

Usahakan ngerem ya makan yang manis-manis (Foto: Pexels/Pixabay)

Mentang-mentang masi muda kamu susah ngerem dari mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi. Contohnya kue, es krim, dan keripik kentang. Makanan tersebut dapat menimbulkan masalah pada wajah karena meningkatkan kadar gula darah. Hasilnya dapat memicu peradangan dan membuat kamu jerawatan. Jerawat juga dapat menyebabkan jaringan parut permanen dalam bentuk benjolan. Sehingga setelah jerawat kamu hilang akan berbekas bintik cokelat.

5. Merokok

Wajah perokok lebih berkerut (Foto: Pexels/Irina Kostenich)

Bahkan perokok sendiri pun tahu kebiasaan mereka sangatlah tidak sehat. Merokok dapat mengurangi pengiriman oksigen yang dibutuhkan kulit. Sehingga kulit kamu akan terlihat lebih tua. Tidak percaya? Sekelompok peneliti melakukan percobaan terhadap para perokok dan non perokok dengan membandingkan wajah mereka. Hasilnya, mereka menemukan bahwa mereka yang menghisap rokok mengalami kantong mata yang lebih besar, lebih banyak kerutan bibir, dan rahang.

6. Minum alkohol

Permukaan kulit akan menjadi kasar gara-gara alkohol (Foto: Pexels/Pixabay)

Kebiasaan yang satu ini bukan hanya membuat kamu mabuk. Tapi kamu bakal tambah tua. Sebab alkohol dapat menurunkan tingkat antioksidan di kulit. Sehingga dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan radikal bebas pada sel-sel kulit kamu dan menimbulkan kerutan pada wajah. Akhirnya, wajah kamu pun akan selalu terlihat tidak fresh karena permukaannya kering dan kasar.

7. Kurang minum air putih

Minum 8 gelas air putih setiap hari (Foto: Pixabay/rawpixel)

Sederhana, air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh kamu. Termasuk kesehatan kulit. Kalau kamu dehidrasi maka kamu akan mendapatkan masalah pada kulit. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh akan menarik air dari jaringan kulit kamu agar otak bisa tetap fokus. Saat proses itu terjadi, mata kamu akan terlihat cekung, kulit akan terasa kering, dan tidak menjadi elastis.

8. Setres

Masih muda jangan setres (Foto: Pixabay/StockSnap)

Masih muda jangan banyak pikiran. Menurut sebuah studi tahun 2004, stres jangka panjang memperpendek bagian dari kromosom kamu yang disebut telomere. Struktur ini secara alami memendek saat kamu menua. Sehingga proses penuaan kamu akan lebih cepat. Oleh karena itu, kendalikan hidup kamu ya. Yang lalu biarlah berlalu. Maju terus ke depan.

Sahabat Merah Putih, hindari kebiasaan tadi ya supaya kamu selalu terlihat muda. (ikh)

Baca juga: Pria, Konsumsi Sayuran ini Supaya Tubuh Sehat saat Melancong

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH