Usia Kepala Empat Tetap 'Forever Young'? Begini Caranya! Asalkan kamu rajin merawat wajah dan menjalani pola hidup sehat, kamu akan awet muda (Foto: Pexels/bruce mars)

Penuaan memang enggak bisa dihindari. Umur enggak akan bohong. Semakin bertambahnya umur, tanda-tanda penuaan juga akan semakin terlihat, seperti rambut memutih, kerut di wajah, bahkan perut membuncit.

Meski usia kepala empat dan penuaan terjadi di sana-sini, menjaga penampilan tetap fresh dan awet muda atau mengutip lagu Alhpaville berjudul "Forever Young" bukan hal mustahil.

Penampilan tentu penting bagi setidaknya, kamu dan orang lain. Bila sehari-hari penampilan segar dan fit, tentu akan berpengaruh bagi pola pikir dan optimisme, di sisi lain pun orang akan senang bahkan bisa tertular energi positifmu.

Menurut Go Dok, terdapat beberapa tips agar kamu tetap "Forever Young" di usia kepala empat.

1. Tambah asupan vitamin C

Vitamin C dapat membantu pertumbuhan kolagen pada kulit (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Vitamin C memiliki manfaat besar bagi kesehatan kulit dan wajah. Vitamin C membantu pertumbuhan kolagen pada kulit dan bisa membersihkan sisa-sisa kerusakan kulit akibat sinar UV matahari. Antioksidan pada Vitamin C juga mampu menghilangkan bekas luka jerawat serta bintik-bintik hitam. Jadi, konsumsi banyak buah dan sayuran dengan kandungan Vitamin C akan membuat penampilanmu semakin fresh.

2. Jaga kelembapan kulit

Kulit kering membuat kamu terlihat tua (Foto: Pexels/Pixabay)

Kulit kering akan membuatmu terlihat tua. Karena itu sangat penting agar kamu menjaga kelembapan kulit. Caranya, dengan menggunakan pelembab kulit. Oleskan pada wajah, leher, dan tangan. Jika perlu oleskan pada bagan kaki dan bagian tubuh lainnya. Kuy!

3. Rutin melakukan pijat

Buat pikiran dan tubuh menjadi rileks dengan dipijat (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Banyak pikiran juga bisa memicu kamu menjadi terlihat tua. Hilangkan pikiran-pikiran tersebut dengan rutin memijat tubuh. Pijat akan membuat tubuh dan pikiran kamu rileks. Percaya deh kalau kamu rutin pijat, wajah kamu akan terlihat 10 tahun lebih muda.

4. Tertawa lebih banyak

Buatlah diri kamu bahagia dengan banyak tertawa (Foto: Pexels/Helena Lopes)

Banyak-banyak lah tertawa, karena hal itu akan membuat kamu merasa lebih bahagia. Tertawa juga punya efek terhadap awet muda. Kalau kamu masih bingung gimana caranya? Tonton acara-acara lucu, baca buku menarik, dan jadwalkan hangout bersama teman. Kamu juga bisa melakukan jalan santai untuk menghilangkan stres dan bertemua banyak hal menarik.

5. Bagi perempuan kurangi pemakaian make-up tebal

Make-up tipis membuat kamu terlihat lebih segar (Foto: Pexels/freestocks.org)

Make-up memang membuat perempuan tampil begitu cantik dan menarik. Tapi keseringan make up juga enggak bagus bagi kesehatan kulit. Apalagi bila make up kamu terlalu tebal, dan akan terlihat lebih tua. Gunakanlah make-up minimalis. Enggak perlu takut terlalu menyembunyikan penampilan asli kamu. Make-up minimalis justru membuat kamu terlihat lebih segar.

6. Batasi asupan sodium

Sodium dapat memengaruhi penampakan kulit (Foto: Pexels/Artem Bali)

menurut Cleveland Clinic, asupan sodium berlebih pada makanan bisa memengaruhi penampakan kulit. Sodium dapat menghilangkan kelembapan dan membuat kantung mata terlihat lebih besar. Jadi, meskipun makanan asin-asin menggiurkan, sebaiknya kurangi konsumsinya agar kulitmu tetap stunning.

7. Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol

Penampilan perokok dan peminum alkohol enggak ada bedanya dengan orang sakit (Foto: Pexels/Diego Indriago)

Kebiasaan merokok dan minum alkohol selama ini dianggap buruk bagi kesehatan. Anggapan itu terbukti setelah bebarap ahli melakukan peneliatian dan menemukan kecenderungan bagi perokok dan peminum alkohol menstimulasi kerutan di kulit dan memperbesar kantung mata. Alhasil, penampilanmu jadi enggak ada bedanya dengan orang sakit. Its a bad news!

Bagaimana Sahabat MP, gampang kan untuk tetap tampil awet muda? (ikh)

Baca juga: Jangan Lupa, Bawa Camilan Sehat ini ke Kantor

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH