Usai Mudik Jangan Lupa Kontrol Mobilmu Setelah mudik mobil harus diservice (Sumber: Pixabay/Devolk)

MUSIM mudik belum lama usai. Sejak Senin (10/6) kemarin, Jakarta sudah mulai beraktivitas normal. Bagi yang melakukan perjalanan pulang kampung menggunakan mobil, tentunya harus melakukan pengecekan kembali. Hal itu guna memilimalisir kerusakan pada kendaraan.

Dilansir dari Antaranews.com, Resepsionis Service Bengkel BOS Andi mengatakan kalau perawatan kendaraan usai mudik seperti ganti oli dan service wajib dilakukan. Hal itu karena saat pemakaian mesin mobil menjadi panas, terutama ketika bertemu ruas jalan yang macet.

Ilustrasi - Servis kendaraan (Foto: Chairul Rohman)
Ilustrasi - Servis kendaraan (Foto: Chairul Rohman)

"Pergantian oli itu wajib bagi kendaraan yang dipakai saat mudik karena kita tahu kemarin itu 'kan ruas jalan banyak yang macet saat baliknya," ujar Andi kepada Antara di Cinere, Depok, Senin (10/6).

Dalam kondisi macet saat mudik, kilometer kendaraan memang tidak bertambah. Namun mesin mobil tetap hidup sehingga mengakibatkan mesin menjadi panas. Selain ganti oli, suspensi juga menjadi satu keharusan bagi pemilik mobil.

Oli adalah salah satu yang harus diperhatikan (Sumber: Pixabay/DokaRyan)
Oli adalah salah satu yang harus diperhatikan (Sumber: Pixabay/DokaRyan)

"Tidak hanya oli, hal lain yang harus diperhatikan adalah suspensi karena kita tidak tahu jalanan di sana bagus atau tidak, jadi sebaiknya harus diperiksakan," tambahnya.

Selain itu, air conditioner (AC) mobil juga perlu dilakukan pengecekan. Periksa kondisi freon, apakah mulai berkurang atau habis. "Jika sudah diganti namun tetap tidak dingin, coba periksa bagian lainnya," ucap Ardi.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH