Usai Ikut Kunjungan Edhy Prabowo, Dirjen PRL KKP Meninggal Gegara COVID-19 Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono. ANTARA/HO-Dokumentasi KKP

Merahputih.com - Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Aryo Hanggono meninggal dunia Senin (28/9) akibat terpapar COVID-19.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo menuturkan, Aryo Hanggono memang dinyatakan positif pada 9 September 2020 dan selanjutnya menjalani perawatan intensif.

Baca Juga:

Menteri KP Edhy Prabowo Positif COVID-19

Dirjen PRL Aryo Hanggono dikonfirmasi dalam kondisi yang kurang baik dan masuk dalam ruang Unit Perawatan Intensif (Intesive Care Unit/ ICU).

"Mohon dimaafkan apabila beliau dalam berinteraksi dengan Bapak/Ibu terdapat kekurangan dan kekhilafan," ujar Agung, Senin (28/9).

Aryo Hanggono terpapar oleh penyakit COVID-19 setelah kunjungan kerja rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke sejumlah daerah, terakhir dari Kalimantan Timur.

Edhy Prabowo
Menteri KKP Edhy Prabowo. (Foto: KKP)

Dalam kunjungan kerja ke Kaltim tersebut, Aryo Hanggono mengikuti sejumlah acara bersama-sama Menteri Edhy, antara lain dalam acara pelepasan tukik di Maratua, salah satu pulau kecil terluar di wilayah Kaltim.

Rombongan Menteri Edhy, yang termasuk Dirjen PRL Aryo Hanggono, berada di sana pada beberapa hari pada awal pekan pertama bulan September 2020.

Sepulang dari kunjungan kerja tersebut, dikabarkan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan bersama sejumlah orang terpapar COVID-19.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengabarkan, Aryo kini tengah bergulat dengan virus mematikan yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020 lalu.

Baca Juga:

Gerindra: Hasil Tes Swab Edhy Prabowo Negatif

Informasi tersebut didapatnya setelah pihak bersangkutan mengajukan surat kuasa untuk absen hadir dalam rapat kerja bersama Komisi IV pada Selasa, 15 September 2020.

"Kabarnya begitu (Aryo positif COVID-19). Saya sudah tanda tangan surat kuasa bermaterai, kemarin jam 9.30. Dia sedang sakit," kata Sudin kepada wartawan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo juga positif COVID-19. Kondisinya saat itu dikabarkan telah membaik dan tengah menjalani masa pemulihan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Sebelum ke RSPAD, dalam sebuah pesan berantai, Edhy disebutkan sedang dirawat di RS Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH