Usai Gelar Razia Polisi Tangkap 153 Preman Jalanan Razia preman Polrestabes Surabaya. (MP/Bud)

MerahPutih.com - Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Jawa Timur, menciduk 153 preman jalanan dalam razia bersama aparat kepolisian sektor yang digelar serentak selama tiga jam, Kamis (7/12).

"Razia preman hari ini kami gelar serentak di seluruh wilayah Kota Surabaya bersama petugas Polsek jajaran mulai pukul 12.00 hingga 15.00 WIB," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard Sinambela kepada awak media di Mapolrestabes Surabaya.

Dia mengatakan, preman yang terjaring razia adalah orang-orang yang selama ini menyaru dengan melakoni berbagai profesi seperti tukang parkir, mengatur lalu lintas di tiap putaran jalan dengan berharap imbalan uang dari pengendara, calo tiket, maupun mereka yang secara langsung memalak masyarakat di jalanan Kota Surabaya.

"Begitu pula dengan tulang pakir liar. Keberadaannya biasa mematok tarif parkir yang tak sesuai dengan aturannya. Terkadang meminta uang ke pengguna jalan sebesar Rp 50 ribu hingga 100 ribu rupiah," katanya.

Diketahui, operasi premanisme tersebut dilaksanakan hingga menjelang akhir tahun untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ingin merayakan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Razia dilakukan di beberapa titik ruas jalan, seperti persimpangan Jalan Raya Demak, Jalan Baliwerti, dan beberapa ruas jalan pusat kota.

Mereka yang diamankan, akan dilakukan pendataan dan dilakukan penyuluhan oleh Binmas Polrestabes Surabaya. Namun, yang tidak punya tempat tinggal dan tak ada identitas, akan diserahkan ke Dinas Sosial Kota Surabaya. (Budi Lentera)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH