Seusai Direnovasi, Beberapa Rumah Veteran Disambangi Menteri Rini

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 11 November 2017
Seusai Direnovasi, Beberapa Rumah Veteran Disambangi Menteri Rini
Menteri BUMN Rini Soemarno. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

MerahPutih.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengunjungi rumah veteran di Lampung yang sudah direnovasi dalam rangka peringatan Hari Pahlawan.

"Saya ucapkan selamat Hari Pahlawan untuk semua veteran yang ada di Indonesia, sebagai bentuk apresiasinya melalui amanah 'Program BUMN Hadir untuk Negeri' yang sudah dicanangkan sejak 2015, salah satunya bedah rumah veteran," kata Menteri Rini di Langkapura, Bandar Lampung, Jumat (10/11).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, bedah rumah veteran ialah bentuk komitmen BUMN dan sejak dijalankan program BUMN dari 2015 sudah ada 4.500 rumah veteran yang dibedah dan akan terus berkelanjutan hingga merata keseluruh rumah veteran di Indonesia.

Pada 2017 diselesaikan 1.700 rumah se-Indonesia sebagai bakti BUMN. Selain itu, juga ada pertukaran pelajar se-Indonesia untuk memahami dan mengenal wilayah Indonesia yang sudah diwariskan para pahlawan.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, bantuan bedah rumah tersebut merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Dalam program bedah rumah di Bandar Lampung ini PGN bekerja sama dengan PTPN 7, untuk merenovasi 45 unit rumah veteran.

"Tahun ini Kementerian BUMN menugaskan PGN selaku penanggung jawab pelaksana untuk merenovasi 45 unit rumah veteran dan 1 kantor LVRI yang ditargetkan selesai pada akhir November 2017," katanya.

Renovasi rumah yang dilakukan mulai dari pembangunan pondasi, perbaikan atap, pemasangan plafon, pemasangan keramik, plester aci dinding rumah, renovasi kamar mandi, dan lainnya.

PGN dalam program tersebut mengeluarkan anggaran sebesar Rp 1,15 miliar, untuk merenovasi 45 unit rumah tahun ini tersebar di Bandar Lampung sebanyak 10 unit, Kota Metro 10 unit, Lampung Timur 12 unit, Lampung Tengah 8 unit, dan Lampung Selatan 5 unit dengan total anggaran renovasi hingga Rp 1,2 miliar.

Jobi mengatakan, selain bentuk kepedulian terhadap para veteran, bedah rumah ini juga bertujuan untuk memperbaiki rumah tinggal para pejuang kemerdekaan agar layak huni dan nyaman.

"Ini merupakan bentuk komitmen PGN sebagai BUMN apresiasi Pahlawan Bangsa Indonesia termasuk daerah Lampung, khususnya untuk para veteran," katanya.

Pada 2016 lalu, PGN juga merenovasi sekitar 50 rumah veteran di wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat dengan biaya sebesar Rp 1,2 miliar. Pada 2015, PGN merenovasi 47 rumah veteran di DKI Jakarta dengan biaya Rp 2,2 miliar. (*)

#Menteri BUMN #Rini Soemarno #Veteran #Hari Pahlawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan