Usai Diperiksa Selama 5 Jam, Begini Perkembangan Kasus Kivlan Zen

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Senin, 13 Mei 2019
Usai Diperiksa Selama 5 Jam, Begini Perkembangan Kasus Kivlan Zen
Kivlan Zen (berbaju batik). (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen akhirnya keluar dari gedung Bareskrim Mabes Polri setelah sekitar lima jam menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait laporan dugaan menyebarkan kabar bohong dan menggerakan makar.

Pitra Romadoni, selaku kuasa hukumnya mengatakan, ada sekitar 26 pertanyaan yang diajukan oleh penyidik terhadap kliennya tersebut. Kivlan, kata dia, juga diperlakukan baik saat menjalani pemeriksaan.

Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein. (Ist)
Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein. (Ist)

"Sekitar 26 pertanyaan, saya rasa penyidik baik memperlakukan klien kami selaku saksi, dan tadi sudah diklarifikasi mengenai tuduhan-tuduhan yang dituduhkan dalam pasal makar, penyebaran berita bohong, dan satu lagi tentang menghasut," kata Pitra di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (13/5).

Setelah memberikan keterangan, Pitra yakin bahwa laporan terhadap Kivlan tidak bisa ditindaklanjuti lebih jauh. Pasalnya, kata dia, tidak ada unsur yang menyatakan bahwa Kivlan berbuat makar seperti yang dituduhkan kepada dirinya.

"Saya rasa penyidik polri istilahnya cukup kooperatif dan profesional lah dan mereka bisa menilai perkara ini tidak bisa dilanjutkan karena mereka paham unsur makar itu apa saja," tutur Pitra.

Ia menilai, dari keterangan yang disampaikan Kivlan, yang diamatinya tidak ada unsur makar daripada jawaban-jawabannya atau kebohongan apa tidak ada.

Serupa dengan kuasa hukumnya, Kivlan juga mempercayakan kasus hukumnya kepada Polri yang ia nilai akan bertindak profesional.

"Saya anggap ini sudah selesai, Insyaallah ini baik-baik saja. Saya percaya kepada Polri sebagai profesional dan sama teman perjuangan saya dalam untuk melindungi bangsa Polri dan TNI adalah kawan saya," kata Kivlan. (Knu)

Baca Juga: Andi Arief Sebut Kivlan Zein dan Gengnya Dalang Konflik Ambon, Poso, Sampit

#Kivlan Zen #Makar #Mabes Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan