Usai Diperiksa KPK, Wali Kota Batu Akui Kenal Dekat Pengusaha Filipus Djap Wali Kota Malang Eddy Rumpoko melayani pertanyaan awak media di Gedung KPK, Jakarta (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Wali Kota Batu, Jawa Timur Eddy Rumpoko rampung menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Eddy keluar dari lobby gedung KPK sekitar pukul 17.45 WIB dengan mengenakan rompi oranye dan menenteng sebuah koper berwarna hitam.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu ‎mengaku tak ditanyakan soal uang suap yang diterimanya hingga harus terjaring dalam Operasi Tangan Tangan (OTT), Sabtu (16/9) kemarin.

"‎Saya malah nggak ditanya soal itu (uang suap)," kata Eddy yang menjabat sebagai Wali Kota Batu selama dua periode itu di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (17/9).

Menurut Eddy Rumpoko, dirinya hanya ditanyakan soal kedekatannya dengan pengusaha Filipus Djap yang kini juga bertatus sebagai tersangka pemberi suap terhadapnya.

"‎Saya kenal (Filipus). Dengan keluarga besarnya saya kenal, karena punya hotel dan saya yang menyarankan untuk bangun hotel," ungkap Eddy.

Meski demikian, Eddy Rumpoko membantah menerima uang Rp 200 juta yang diduga diberikan Filipus Djap sebagai fee dari proyek belanja modal dan pengadaan meubelair di Pemkot Batu tahun anggaran 2017.

"Loh duitnya nggak tahu. Nggak menerima saya," tukasnya.

"Ya saya bilang kalau meubelair itu ada dalam tahun APBD 2017 karena kantor kita kan baru. Tapi apakah sudah dilaksanakan, saya juga nggak tahu. Tahunya saya ya semua baik-baik saja," sambung Eddy.

Diketahui, KPK resmi menetapkan Eddy Rumpoko sebagai tersangka penerima suap dari Filipus terkait pengadaan meubelair di Pemkot Batu Tahun Anggaran 2017.

Politisi PDIP itu diduga menerima suap sebesar Rp 500 juta dari total proyek senilai Rp 5.26 miliar yang dikerjakan PT Dailbana Prima.

Atas perbuatannya, Eddy Rumpoko disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.(Pon)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH