Usai Berbincang di Terminal Baranangsiang, Jokowi Doakan Pemudik Selamat Sampai di Kampung Halaman Presiden Jokowi menyapa pemudik di Terminal Baranangsiang (setkab.go.id)

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak mengunjungi para pemudik yang memenuhi Terminal Bis Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/6).

Mengenakan kemeja putih dan peci hitam, Presiden Jokowi yang tiba di Terminal Bis Baranangsiang pukul 14.20 WIB. Jokowi langsung naik ke salah satu bis yang telah penuh terisi penumpang. Kedatangan Kepala Negara ini pun disambut meriah para pemudik dan masyarakat sekitar. Di dalam bis Presiden berbincang dengan beberapa pemudik. Ia menanyakan tujuan para pemudik ini. Tiga pemudik yang ditanya Presiden masing-masing pulang Winangun, Kebumen, dan Banyumas.

Setelah berbincang dengan beberapa pemudik, Presiden pun mendoakan agar para pemudik tiba dengan selamat di tujuannya masing-masing. “Kita mendoakan tiba selamat di kampung halaman. Selamat menikmati waktu bersilaturahmi dengan sanak saudara, dengan teman, dengan handai taulan, berbagi kebahagiaan, berbagi cerita, dan tentu saja berbagi rezeki,” ucap Presiden Jokowi dikutip dari setkab.go.id.

Dalam kesempatan ini pun tak lupa Presiden mengucapkan selamat hari raya Idulfitri. Presiden berharap momen Idulfitri ini bisa semakin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. “Saya mengucapkan selamat Idulfitri 1 Syawal 1439 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kefitrian kita semakin mempererat kesatuan dan persatuan dalam berbangsa serta berguna untuk membangun bangsa ini ke depan,” kata Presiden Jokowi.

Sejumlah pemudik membawa barang bawaan di terminal bayangan, di jembatan layang Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/6) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Setelah menyapa pemudik, Presiden meninggalkan Terminal Baranangsiang untuk kembali ke Istana Bogor. Sementara, terkait pemberangkatan pemudik dari Terminal Baranangsiang, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, telah menyiagakan layanan Puskesmas dan rumah sakit selama libur cuti Lebaran 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah menyebut selain puskesmas dan rumah sakit, juga disiagakan tenaga kesehatan serta ambulans untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran. "Selama libur Lebaran, layanan kesehatan tetap siaga, baik itu puskesmas, rumah sakit dan petugas kesehatannya," kata Rubaeah.

Ia mengatakan, ada 25 dokter dan 50 perawat yang bertugas dengan sistem piket selama libur Lebaran. Selain itu juga ada enam sopir ambulans yang juga disiagakan. Tenaga kesehatan, dokter dan perawat ini bertugas secara bergiliran di pos kesehatan terpadu yang ada di Terminal Baranangsiang.

Selain itu, Dinkes juga menyiagakan layanan "call center" untuk memaksimalkan layanan kesehatan di rumah sakit untuk sistem rujukan. "Call center ini untuk sistem rujukan, jika ada pasien yang perlu dirujuk cukup dengan menghubungi call center saja," katanya.

Rubaeah menyebutkan, semaksimal mungkin Dinas Kesehatan Kota Bogor memberikan layanan kesehatan selama libur Lebaran. Tiap puskesmas juga diminta untuk siaga di wilayah masing-masing terutama mencegah terjadinya kasus-kasus kejadian luar biasa, seperti keracunan makanan. Total ada sekitar 25 puskesmas di Kota Bogor yang siap melayani masyarakat selama libur Lebaran.

"Kader dan tenaga kesehatan di puskesmas diminta tetap siaga," kata Rubaeah.


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH