Usaha Teh di Indonesia Kurang Setenar Kopi

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 18 Agustus 2017
Usaha Teh di Indonesia Kurang Setenar Kopi
Ilustrasi Teh (Pixabay)

BERAWAL dari kegemarannya cicip-cicip teh, Dion salah seorang pecinta teh, besama sang kekasih, membuka gerai teh barunya bersama kekasih di Pluit Village, Jakarta Pusat (17/8).

"Saya liat indonesia ini negara maritim jadi penghasilan teh dan kopinya banyak, kopinya booming saya pengen tehnya juga booming," tutur Dion di gerai teh barunya.

Atas kecintaannya dengan produk dalam negeri, Dion sengaja menggarap potensi Indonesia berupa teh produksi lokal. Ia juga memaparkan beberapa alasan mengapa hingga kini teh Indonesia kalah tenar dengan racikan negara lain.

"Pemainnya masih pemain kecil, jadi skalanya masih kecil, dan mereka jalannya sendiri-sendiri belom jadi satu yang besar banget. Kalau bisa sih kita ada gebrakan maju untuk sama sama, jadi kita bisa lebih besar dan semakin menggandeng," tuturnya di Jakarta, Kamis (17/8).

Sama halnya dengan kopi, teh pun demikian, beda komposisinya berbeda pula rasanya. Bukan hanya itu, keunggulan cita rasa teh juga dipengaruhi saat dimana teh itu ditanam.

Menurut Dion, setiap negara memiliki keunggulan daun teh yang berbeda, maka dari itu tak mustahil melakukan beberapa eksperimen dengan menggabungkan teh luar dan dalam negeri.

"Ingin sekali menonjolkan nama teh Indonesia untuk berkembang, saya rasa sudah sangat bagus sekali, kebun kita udah sangat luas sekali, dan potensial sekali untuk dikembangkan," kata Dion.

Kendati demikian, Dion merasa bahwa kurangnya kepercayaan pemuda Indonesia akan produk lokal sangat mempengaruhi pengembangan potensi teh di Indonesia untuk mendunia.

"Lokal itu memiliki cita rasa yang lebih unik, tidak pasaran, jadi enggak ada salahnya kalo kita coba brand lokal dari Indonesia sendiri dan ini memberi kesempatan kita untuk berkembang Jadi lebih cinta dengan negeri sendiri, lebih cinta produk local juga," katanya.

Bertepatan 17 Agustus, Awal dibukanya gerai baru Dion, ia berharap dengan adanya brand-brand teh lokal Indonesia para pemuda saling mendukung dan bekerja untuk bisa bersaing di pasar dunia, khususnya industri teh. (Bing)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Teh Juga Tak Kalah Dengan Kopi

#Kafe Teh #Manfaat Teh Hijau
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan