Usaha Keras Jenderal Maruli Hijaukan NTT

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 29 November 2023
Usaha Keras Jenderal Maruli Hijaukan NTT
Presiden Jokowi Lantik Kepala Staf Angkatan Darat, Istana Negara, 29 November 2023.

MerahPutih.com - Maruli Simanjuntak telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Maruli, yang lahir di Bandung, Jawa Barat, 27 Februari 1970, karir semakin moncer.

Maruli pada 18 November 2020 menjabat Pangdam IX/Udayana. Lalu, tidak berlangsung lama, ia resmi memegang tongkat komando sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-41 menggantikan sekaligus dilantik Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang saat itu didaulat menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Baca Juga:

Jokowi Lantik Letjen Maruli Simanjuntak Jadi KSAD Rabu siang

Panglima TNI Jendral Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, sebagai Pangkostrad, berdasarkan Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI Nomor: 66/I/2022.

Maruli yang merupakan, putra dari orang tua yang berprofesi sebagai guru dan ibunya seorang perawat, setamat SMA langsung mendaftarkan diri sebagai calon prajurit TNI, namun sempat gagal dan berkat keseriusannya pada tes serupa di tahun berikutnya, baru dinyatakan lulus sebagai prajurit TNI.

Selama berdinas di militer, suami Paulina Pandjaitan ini, telah menorehkan prestasi gemilang di dunia olahraga, sekaligus tercatat sebagai atlet judo nasional yang berulang kali menyabet penghagaan di ajang internasional maupun pada laga nasional.

Bahkan saat ini, dipercaya sebagai Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) periode 2021-2026.

Bapak dari dua anak ini, bukan hanya cermerlang dalam karir militer. Tetapi ia menginisiasi prajurit Kodam IX/Udayana untuk membuat pompa hidram dan sumur bor yang tersebar di ratusan titik di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Bali.

Lulusan Akademi Militer 1992 yang berpengalaman dalam Infanteri dan Detasemen Tempur Cakra ini, saat berjibaku bersama para prajurit dan masyarakat berhasil menghijaukan lahan tidur seluas 600 ha di Desa Sillu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, NTT.

Menantu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ini berhasil memberikan akses air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari dan sisanya untuk menyirami lahan pertanian dan perkebunan jagung seluas 600 ha.

Kini, Maruli telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi KSAD. Dengan berbagai program yang sudah dilakukannya sejak menjadi perwira pertama sampai perwira tinggi, kiprah Maruli sebagai prajurit TNI ia lakukan dengan profesional.

Jenderal Maruli, selama ini jauh tidak ada kabar miring apapun termasuk tersandung kasus hukum atau etik. Tapi terus mengibarkan merah putih terutama diajang olahraga. (Knu)

Baca Juga:

Presiden Jokowi Sebut Letjen Maruli Simanjuntak Salah Satu Kandidat KSAD

#KSAD #TNI AD
Bagikan
Bagikan