Usaha Coffeshop Jangan Karena Tren Rio Dewanto, jangan latah berbisnis kopi. (Foto: MP/Albi)

PERTUMBUHAN kedai kopi semakin menjamur. Apalagi semenjak film Filosofi Kopi yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho diputar di layar bioskop. Seakan film tersebut memberikan inspirasi untuk menjalankan usaha tersebut.

Rio Dewanto pun senang dengan adanya fenomena tersebut. Terlebih dirinya juga memiliki kedai kopi bernama 'Filosofi Kopi' di kawasan Blok M. Ia berharap dapat membuka 10 kedai kopi lagi dan rencana terdekatnya di Semarang.

Dengan semakin menjamurnya kedai kopi di Tanah Air, kualitas kopi Indonesia semakin terjaga. Hal tersebut ia ungkapkan saat ditemui di Jakarta Selatan, kamis (29/3)

"Saya ingin dengan banyaknya coffe shop di Indonesia, di luar kota, mereka bisa tetap berjuang menjaga market mereka dengan produk-produk kopi yang berkualitas," paparnya.

rio dewanto
Rio Dewanto, kebanyakan orang Indonesia latah. (Foto: MP/Albi)

Pria kelahiran 1987 itu juga menegaskan agar pengusaha kopi jangan hanya ikut-ikutan berbisnis kopi. Semua harus memiliki latar belakang. Seperti misalnya visi dan misi dari kedai kopi itu sendiri.

"Jangan hanya sekadar buka coffe shop hanya melihat, 'Oh, ini teman lu buka coffe shop laku'. Terus buka juga tanpa adanya cerita sebelumnya," imbuhnya.

Menurutnya, jika memulai usaha Kedai Kopi hanya sekadar ikut-ikutan tentunya akan sulit untuk menarik pelanggan. Pun jika ada hanya pelanggan yang 'lewat' saja. Untuk itu perlu adanya keseriusan untuk terjun ke bidang bisnis itu.

"Kekuatan yang membuat coffe shop itu bisa mendapatkan konsumen, hanya 'latah'. Memang kebanyakan orang Indonesia 'latah' ya, kalau bisa itu jangan terjadi," tuturnya.

Terlepas dari hal ini, lanjut Rio agar keberhasilan memajukan industri kopi di Indonesia juga memerlukan peran petani kopi. Anak muda pun harus ikut terjun untuk berkolaborasi dengan petani kopi. Jangan hanya paham urusan meyeduh kopi saja, asal muasal kopi dari hulu ke hilir harus dikuasai.

"Ingin petani kopi di Indonesia generasinya terus berjalan, anak muda mau memajukannya, terus jumlah eksport kopi terus meningkat," tutupnya. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH