Urutan Kronologis Film-Film Superhero DC Berdasarkan 'Timeline' DCEU

DCEU (DC Extended Universe) telah lama berkompetisi dengan Marvel (MCU) dalam mencetak box office film-film superhero. Menyambut kesuksesan Shazam!, film ketujuh dari DCEUyang telah rilis sejak 5 April 2019, tentunya membuat kamu penasaran kan tentang film mana saja yang harus kamu tonton terlebih dahulu menurut timeline DCEU?

Sesungguhnya, hanya ada lima film dalam DCEU yang terdiri dari Man of Steel, Batman V Superman: Dawn of Justice, dan Justice League yang ketiganya menjadi sebuah trilogi, film Wonder Woman yang berisikan kilas balik Perang Dunia I, serta Suicide Squad dengan cerita yang sangat berbeda ketimbang yang lainnya.

Meskipun tidak ada urutan waktu yang jelas dan pasti mengenai kronologis dalam DCEU, berikut akan dijelaskan secara lengkap tentang film superhero DCEU sesuai urutan kronologisnya. Spoiler alert!

1. Wonder Woman (2017)

wonder woman 2017
Wonder Woman diperankan oleh Gal Gadotl (Foto: indiewire.com)

Latar waktu dalam film Wonder Woman yang diperankan oleh Gal Gadot ini terjadi pada awal abad ke-20, tepatnya ditengah-tengah terjadinya perang dunia pertama pada tahun 1918.

Putri Diana merupakan anak dari Ratu Hippolyta dari pulau Themyscira, tempat tinggal para pejuang-pejuang Amazon yang diciptakan oleh dewa Zeus untuk melindungi umat manusia. ini memiliki DNA yang menua lebih lambat daripada manusia biasa, membuatnya bisa terlihat selalu muda bahkan setelah hampir satu abad berlalu.

Banyak kepedihan dan penderitaan, nampaknya Perang Dunia I tidak sepenuhnya penuh dengan kesedihan jika dilihat dari sudut pandang putri Diana. Perang Dunia I berhasil mempertemukan putri Diana dengan Steve Trevor (Chris Pine), mata-mata Amerika yang mengintai Inggris.

Keduanya saling jatuh cinta, dan meskipun hanya menghabiskan waktu bersama sebentar, namun kebersamaan mereka membawa pengaruh besar atas Diana dalam memberikan kedamaian untuk seluruh dunia.

2. Wonder Woman 1984 (2020)

wonder woman 2020
Wonder Woman 1984 akan dirilis pada Juli 2020. (Foto: The Independent)

Film ini akan berlatar pada tahun 1984, sesuai dengan judulnya, tepatnya Diana akan menyaksikan kehidupan dunia yang sedang mengalami perang dingin. Film ini akan tayang di bioskop pada 5 Juli 2020.

3. Prolog Aquaman (2018)

prolog aquaman
Queen Atlanna ditemukan terdampar di pantai dekat Maine Lighthouse. (Foto: Slashfilm.com)

Pada tahun 1985, muncul seorang perempuan aneh di pantai, yang ditemukan oleh penjaga mercusuar Maine, Thomas Curry (Temuera Morrison).

Perempuan itu ternyata merupakan Ratu Atlanna (Nicole Kidman) dari kerajaan Atlantis yang kabur dari tempatnya berasal untuk lari dari kehidupan pernikahan tanpa cinta yang telah diatur.

Ratu Atlanna itu akhirnya jatuh cinta kepada sang penyelamatnya, Curry, dan melahirkan seorang keturunan raja Atlantis setengah manusia, Arthur Curry atau yang lebih dikenal sebagai Aquaman.

4. Man of Steel (2013)

man of steel superman 2013
Man of Steel disutradarai oleh Zack Snyder. (Foto: batman-news.com)

Man of Steel menceritakan tentang kehidupan awal dari karakter Superman, yang ditulis oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster pada tahun 1938.

Pada film Man of Steel diceritakan bagaimana Clark Kent mengaku kepada dunia sebagai seorang Superman, superhero hebat yang hanya lemah terhadap dua hal, yaitu Kryptonite dan Lois Lane, wanita yang dicintainya sekaligus jurnalis Daily Planet.

5. Batman vs Superman: Dawn of Justice (2016)

Batman vs Superman: Dawn of Justice
Batman dan Superman akan dipertemukan pertama kali dalam Dawn of Justice. (Foto: fandango.com)

Dalam film ini akan disaksikan pertemuan pertama dari Superman (Henry Cavill) dan Batman (Ben Affleck) yang awalnya bermusuhan yang terjadi 18 bulan setelah film Man of Steel.

Dalam film ini akan ditayangkan kemunculan Lex Luthor dan Doomsday sebagai karakter antagonis, yang mana akan membuat Bruce Wayne dan Clark Kent mulai menunjukkan tanda pertemanan.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH