Uruguay dan Kisah Pertama Piala Dunia Juara Piala Dunia 1934, Italia. (Foto/Istimewa)

GLASGOW, daerah antara Skotlandia dan Ingris menggelar pertandingan kali pertama sepak bola pada 1872. Ajang tersebut ternyata menyemai kepopuleran cara mengolah "Si Kulit Bundar" ke beberapa negara. Sepak bola lantas menyebar dan populer.

Pada 1900 berdiri asosiasi sepak bola nasional pertama kali. Hal tersebut memicu berdirinya FIFA 4 tahun berselang. Organisasi sepak bola tertinggi di dunia itu pertama kali didirikan di Paris, Prancis. Pendiriannya dimotori beberapa asosiasi tim sepak bola nasional beberapa negara, seperti Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss, dengan Jerman yang berjanji untuk bergabung.

Selama 2 tahun berdiri, tepatnya pada 1906 FIFA berupaya menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional antara negara di Swiss. Namun, sejarah resmi FIFA menjelaskan kompetisi tersebut sebagai kompetisi gagal. Hingga kongres FIFA di Amsterdam pada 28 Mei 1928 kembali memutuskan untuk menggelar kejuaraan dunia.

Juara Piala Dunia 1930, Uruguay. (Foto/Istimewa)
Juara Piala Dunia 1930, Uruguay. (Foto/Istimewa)

Banyak negara yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kala itu. Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol dan Swedia mengajukan diri. Yang sangat megejutkan, yakni Uruguay yang ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah. Negara ini dianggap layak jadi tuan rumah karena mampu menjadi juara Olimpiade dua kali dan pada saat itu.

Karena bertepatan dengan ulang tahun ke-100 kemerdekaannya. Uruguay bersedia menerimannya. Selain itu, juga bersedia menanggung semua biaya, termasuk perjalanan dan akomodasi dari tim yang berpartisipasi. Turnamen ini berjalan baik, namun banyak kejadian yang tak sesuai dengan rencana.

Letak negara Uruguay yang jauh membuat banyak klub keberatan melepaskan pemain terbaik mereka. Waktu itu, untuk perjalanan dari Eripa ke Uruguay memakan waktu selama dua bulan melalui jalur laut. Akibatnya, banyak negara yang memutuskan batal tampil.

Tim nasional yang tampil pada ajang piala dunia pertama sebanyak 13 tim. Tujuh dari Amerika Selatan, empat dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara. Piala Dunia pertama ini dibuka di Estadio Centenario yang baru di Montevideo pada tanggal 18 Juli 1930. Turnamen digelar di tiga kota.

Tuan rumah Uruguay yang sejak awal difavoritkan akhirnya menjadi juara dengan kemenangan 4-2 kontra Argentina. Laga pamungkas di Centenario, Montevideo, itu disaksikan 93 ribu. Pada Piala Dunia 1930 ini Guillermo Stabile dari Argentina menjadi pencetak gol terbanyak, dengan koleksi 8 gol. Dalam 18 pertandingan itu tercipta total 70 gol. Sedangkan penonton total mencapai 590 ribu atau rata-rata 32 ribu per pertandingan. (*)

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH