Uptis, Ban yang tak akan Pernah Bocor Prototipe Uptis (Sumber: Paul Tan)

BAN bocor atau kempes menjadi satu masalah yang sering dihadapi para pengendara mobil. Apalagi meski terkesan sederhana, tekanan ban yang kurang menjadi salah satu penyebab banyak kecelakaan di jalan raya.

Nah, dilansir dari Express.co.uk, produsen ban terkenal Michelin membuat trobosan baru. Mereka merancang sebuah ban yang tidak akan pernah kempes serta tidak dapat ditusuk. Ban dengan julukan Prototipe Uptis atau Sistem Ban Punctureproof Unik ini dibuat tanpa mengandalkan udara di dalamnya.

Prototipe Uptis (Sumber: Paul Tan)
Prototipe Uptis (Sumber: Paul Tan)

Uptis sebelumnya telah diuji pada beberapa jenis mobil seperti Chevrolet Bolt EV. Di akhir tahun ini beberapa armada uji coba juga sengaja diturunkan untuk berkeliling jalan raya menggunakan ban tersebut.

Inovasi ini tentunya adalah solusi bagi para pengendara. Desain ban mobil yang inovatif membuat pengemudi akan lebih jarang mengganti ban. Sayangnya, ban tersebut baru di jual bebas pada tahun 2024 mendatang.

Prototipe Uptis (Sumber: Auto Express)
Prototipe Uptis (Sumber: Auto Express)

"Uptis menunjukkan bahwa visi Michelin untuk masa depan mobilitas berkelanjutan jelas merupakan impian yang dapat diraih," kata Florent Menegaux, chief executive officer untuk Grup Michelin.

Michelin juga bekerja sama dengan General Motors dalam membuat dan memasarkan ban ini. "Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Michelin dalam teknologi terobosan ini," ujar Steve Kiefer, senior vice president, global purchasing and supply chain, General Motors.

Prototipe Uptis (Sumber: Ist))
Prototipe Uptis (Sumber: Ist)

Sebenarnya teknologi ban anti pecah sudah lama diekplorasi oleh pabrik ban besar. Namun rata-rata upaya mereka berjalan lambat. Kehadiran uptis tentu memberikan angin segar di dunia otomotif.

Uptis sendiri memiliki bobot ringan dengan resistensi rendah yang sangat ideal untuk mobil listrik dan self driving. Keuntungan lain dari ban ini adalah ramah lingkungan karena mengurangi limbah.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH