Ups! Mimpi Basah di Siang Bolong Bisa Batalkan Puasa, ini Cara Mencegahnya Ilustrasi. (foto: Pixabay)

SALAH satu pantangan saat berpuasa Ramadan ialah berhubungan badan di siang hari. Secara sadar, pantangan tersebut mudah untuk ditaati. Namun, bagi kaum pria pantangan itu mungkin dilanggar secara tidak sengaja. Pasalnya, para pria bisa saja mengalami mimpi basah yang membuat mereka mengalami ejakulasi.

Mimpi basah sebenarnya disebabkan kenaikan kadar hormon testosteron yang terjadi di tubuh laki-laki saat pubertas. Selama seorang pria masih memproduksi hormon testosteron, tubuh akan terus memproduksi air mani yang bisa dilepaskan melalui ejakulasi, bahkan ketika kamu tidur. Itu artinya, baik laki-laki remaja maupun pria dewasa tetap bisa mengalami mimpi basah bahkan setelah keluar dari masa puber.

Jika normalnya pada siang hari otak bisa mengendalikan penis untuk memastikan ereksi hanya terjadi ketika diperlukan, tapi saat tidur REM penis bebas melakukan apa yang ia mau. Nah, buat kamu pria yang tidur siang saat puasa dan kebetulan memiliki mimpi yang erotis, kemungkinan kamu mengalami ereksi dan berejakulasi bisa saja terjadi.

Wah, kamu pasti enggak mau kan batal puasa gara-gara mimpi basah. Berikut cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah mimpi basah di siang hari.


1. Bedakan mana khayalan, mana yang nyata

Latih diri untuk bisa membedakan yang nyata dan fantasi. (foto: pixabay)

Untuk mencegah mimpi erotis di saat-saat yang tidak diinginkan, kamu perlu lebih sadar diri selama siang hari saat beraktivitas. Lebih jelilah mengamati apa yang terjadi di lingkungan sekitar.

Selain itu, kamu juga harus bisa melihat perbedaan antara mimpi dan kenyataan. Tekankan keinginan kamu untuk bisa bangun begitu mengenali perbedaan 'suasana' saat bermimpi.

Caranya, latih diri kamu saat sedang sadar, misalnya dengan membayangkan menekan dua jari tangan kanan kamu ke telapak kiri. Tekan terus yang keras, dan bayangkan jari tanganmu masuk menembus telapak kiri. Dalam keadaan sadar, tentu itu bukanlah hal yang mungkin terjadi. Kamu malah kesakitan, bukan? Nah, begitu di alam mimpi, kamu bisa 'merayu' diri untuk melakukan hal yang sama. Bedanya, sekarang mungkin jari kamu bisa menembus telapak, karena tidak ada hal yang tidak mungkin dalam mimpi.

Biasanya saat bermimpi, kamu menerimanya sebagai hal yang nyata. Barulah saat bangun kamu menyadari ada sesuatu yang aneh. Dengan berusaha melatih diri agar lebih awas, lambat laun kesadaran diri itu akan merasuki alam bawah sadar ketika bermimpi dan membuat kamu tersadar.


2. Jangan pikirkan pacar sebelum tidur

Hati-hati dengan apa yang kamu pikirkan sebelum tidur. (foto: returnofking)

Mimpi sering mewakili impian kamu untuk memenuhi suatu keinginan. Alam bawah sadarmu akan mewujudkan sesuatu yang benar-benar kamu inginkan. Jadi sebisa mungkin hindarilah merenung memikirkan sang kekasih hati atau artis favorit di siang bolong untuk mencegah mimpi basah saat puasa.

Semakin banyak kamu memfokuskan energi untuk memikirkan seseorang, semakin besar pula kemungkinan orang itu akan muncul dalam mimpi. Pasangan atau gebetan kamu bisa muncul dalam sejuta kemungkinan skenario mimpi yang berbeda. Tak tertutup kemungkinan dalam mimpi basah!

3. Meditasi sebelum tidur

meditasi
Meditasi merangsang pola pikir sehat. (foto: pixabay/yumda)

Penting untuk pergi tidur dalam keadaan pikiran jernih, terutama jika kamu ingin berusaha mengatur apa yang ingin kamu impikan. Kamu bisa memulainya dengan rutin bermeditasi untuk merangsang pola pikir yang sehat. Meditasi sekali di waktu santai di tengah hari dan kemudian lakukan lagi setengah jam sebelum tidur.

Metode meditasi itu akan memberi kamu banyak waktu untuk bisa becermin pada diri sendiri, apa yang kamu lakukan seharian tadi, dan menenangkan diri sebelum tidur.

Meskipun sudah menerapkan cara untuk menghindari mimpi basah di siang bolong, tetap saja kemunculan mimpi erotis tak bisa dikontrol. Hingga kini belum ada cara yang terbukti secara ilmiah yang bisa mengatur alur cerita mimpi seseorang maupun memprediksi kapan mimpi tertentu akan terjadi. Pasalnya, mimpi terjadi saat kamu dalam keadaan tidak sadar, sehingga tidak memiliki kemampuan untuk berpikir logis. Namun, yang perlu dipahami ialah mimpi basah merupakan bagian alami dari reaksi tubuh normal saat tidur, bukan karena pikiran kotor lo ya. (*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH