Ups! Kamu Bisa Saja Selingkuh tanpa Disadari Sekadar ngobrol di media sosial juga bisa disebut selingkuh. (foto: nissaa.net)

HAL-hal kecil yang kamu lakukan tanpa disadari merupakan tindakan tak setia.

Ketika membahas perselingkuhan, banyak sekali area abu-abu yang tak jelas di dalamnya. Banyak yang masih ragu apakah membalas pesan dari mantan juga sudah bisa dibilang selingkuh? Atau curhat dengan rekan sekantor juga bisa disebut tak setia?

BACA JUGA: Lagi Haid? Pantang Mengasup Makanan Ini

Sebuah istilah baru bahkan sering muncul belakangan, yaitu selingkuh kecil. Istilah itu mengacu pada perbuatan tak setia yang hanya melibatkan kontak fisik tanpa keterikatan emosional.

Namun, memngingat ini merupakan area abu-abu yang tidak jelas, tidak ada batasan jelas tentang seberapa jauh selingkuh kecil itu.

"Ini terdengar baru. Namun, perilaku ini sudah berlangsung sekian lama," ujar Megan Fleming, Phd, terapis seks dan hubungan yang berbasis di New York.

selingkuh
Batasan selingkuh masih tak jelas. (foto: Lovedignity.com)

Perilaku selingkuh kecil-kecilan bisa jadi problematik karena beberapa alasan. Pertama, batas selingkuh kecil yang tak jelas. Tergantung dari siapa yang memberi jawaban, perilaku seperti flirting, masturbasi, atau bahkan menonton film dewasa bisa disebut sebagai selingkuh kecil-kecilan.

"Tergantung bagaimana pasangan mendefinisikannya," ujar Fleming.

Masalah lainnya, perilaku itu bisa membahayakan hubungan kamu. Bisa saja kamu hanya ingin stalking Facebook atau Instagram mantan, tapi malah berakhir janji kencan. Ups!

Bahkan ketika tidak melibatkan kontak fisik, 'lupa' memberi tahu pasangan bahwa kamu pergi jalan bersama rekan sekantor bisa jadi 'lampu kuning'.

selingkuh
Selingkuh menunjukkan ada yang tidak pas dalam hubungan kalian. (foto: unplash)

Seperti dikutip dari Health, Fleming menjelaskan bahwa adanya perilaku selingkuh kecil-kecilan itu amat mungkin menunjukkan bahwa ada yang tidak matching di hubungan kamu dan pasangan. Apa yang kamu harapkan tidak ditemui di diri pasangan.

Meskipun demikian, perilaku tersebut tidak selamanya buruk.

Sebagai contoh, flirting.

"Aku melihat flirting sebagai suatu hal yang sehat. Itu bisa membuatmu merasa hidup dan diinginkan," ujar Fleming.

Terlebih lagi, itu bisa saja membuat pasanganmu melihat kembali betapa menariknya dirimu.

Bagaimanapun juga perilaku selingkuh kecil ini seharusnya mendorong kamu dan pasangan untuk berbicara secara jujur tentang apa yang diingini dari sebuah hubungan. Tentunya dengan berbesar hati menerima perselingkuhan dan mengakuinya. Yang lebih penting, tidak mengulanginya lagi ya.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH