Ups! Buah Bisa Jadi Penggagal Diet Beberapa buah bisa merusak dietmu. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

SETELAH beberapa pekan #DiRumahAja, banyak di antara kamu yang merasakan tambahan lemak di bagian tubuh. Ya, tak dimungkiri kegiatan yang dilakukan di rumah rentang bikin kamu mencamil. Akibatnya, makan berlebih pun tak terasa.

Untuk membuat jarum timbangan ke kiri, kamu mungkin berpikir untuk melakukan diet buah selama masa di rumah aja. Memang umum sih, saat ingin menurunkan berat badan, banyak orang yang beralih dari makan nasi ke makan buah saja. Asumsinya, buah rendah lemak dan enggak banyak mengandung kalori.

BACA JUGA: 5 Resep Smoothies Tiga Bahan yang Praktis dan Sehat

Secara umum, buah dan sayuran memang dianjurkan bagi kamu yang berdiet. Kandungan serat yang tinggi pada buah dan sayur membuatnya sehat dan 'ramah' bagi program diet. Selain itu, buah dan sayur mengandung kalori yang lebih sedikit ketimbang nasi.

Namun, beberapa jenis buah ternyata bisa jadi musuh dalam selimut untuk diet kamu. Apa saja ya?

Buah berkadar kalori tinggi

mangga

Mangga teryata punya kalori yang tinggi dan kandungan pati. (foto: pixabay/liwanchun)

Beberapa jenis buah mengandung kalori yang lebih tinggi ketimbang lainnya. Biasanya kandungan kalori yang tinggi pada buah bisa dikenali dari rasanya yang manis.

Rasa manis berarti kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Makin manis buah, makin tinggi pula kalorinya.

Jika kamu ingin mengurangi jumlah kalori, hindari makan buah yang amat manis, semisal kurma, kelengkeng, semangka, juga rambutan.

Tak hanya buah manis, buah seperti pisang dan mangga, meskipun enggak terlalu manis, punya kalori yang cukup tinggi dari kandungan pati di dalamnya.


Buah asam

nanas
Nanas yang asam tak baik untuk lambung. (foto: pixabay/erbs55)

Selain buah berkalori tinggi, buah yang punya rasa asam juga enggak baik untuk dietmu. Pasalnya, saat berdiet, kamu akan menggurangi konsumsi nasi sehingga lambung akan lebih kosong daripada biasanya. Dalam kondisi begitu, buah asam seperti jeruk, nanas, dan apel yang asam bisa membuat lambungmu bermasalah, apalagi jika kamu punya gangguan maag.


Agar diet lancar dan sukses, sebaiknya pilihlah buah yang kaya serat, tapi rendah kalori, seperti bengkuang, pear, mentimun, dan pepaya.

Serat yang ada pada buah tersebut akan membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga akan membantu pencernaanmu.(*)

BACA JUGA: Deretan Makanan yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH