Ups, Angka Pelecehan Meningkat Saat WFH Jumlah perempuan alami pelecehan selama pandemi meningkat. (Sumber: Pexels/helena lopes)

KETIKA kantor tutup dan meja dapur menjadi meja kerja, tantangan profesional muncul di masa pandemi. Ada banyak permasalahan dan ada banyak pertanyaan. Di antaranya, begitu kita semua hanya terkoneksi via Zoom dan begitu kita terpisah secara fisik dari rekan kerja, apakah insiden pelecehan di tempat kerja akan turun? Semuanya menjadi abu-abu.

Kalpana Kotagal, perwakilan Cohen Milstein, kelompok hak-hak sipil dan ketenagakerjaan, mengatakan pelecehan di tempat kerja dalam bentuk apa pun terjadi ketika seorang karyawan menggunakan karakteristik yang dilindungi. Karakteristik itu misalnya ras, jenis kelamin, orientasi seksual, senioritas atau status sosial ekonomi dengan tujuan untuk memegang kekuasaan atas rekan kerja atau anggota staff. Hasilnya adalah lingkungan kerja yang tidak bersahabat.

Baca juga:

Studi: 70% Karyawan Cemas Soal Privasi Data Saat WFH

Ruang kerja yang terasa tidak aman dapat mengancam identitas seseorang atau menghambat karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka. “Kata-kata bisa melecehkan, gambar bisa melecehkan, dan perilaku mengancam bisa melecehkan, baik secara langsung maupun tidak,” kata Kotagal.

Yang mengejutkan banyak orang menyelesaikan pekerjaan jarak jauh justru relatif rentan mengalami pelecehan. Itu karena media berkomunikasi dengan rekan kerja seperti teks, telepon, video sering kali tidak dipantau, tidak direkam, atau terjadi di luar platform yang disponsori perusahaan. Mengetahui tidak ada yang menonton dapat mendorong orang lebih liar.

Sebab pelecehan meningkat selama WFH karena media komunikasi kerja tidak dipantau. (Sumber: Pexels/Mikael blomkvist)

Bekerja dari rumah membuat kita kehilangan saksi; rekan kerja yang mungkin tidak sengaja mendengar komentar tidak senonoh di kantor tidak muncul saat kita sedang menelepon di rumah. Hal-hal rumit adalah suasana informalitas seputar komunikasi di tempat kerja, yang meningkat dengan beralihnya ke kerja jarak jauh selama pandemi.

“Sejak awal pandemi, karyawan merasa seolah-olah lingkungan online adalah Wild West (lingkungan liar), di mana aturan tradisional tidak berlaku,” kata Jennifer Brown, pakar keragaman, kesetaraan dan inklusi dan pendiri Jennifer Brown Consulting. Itu dapat memperburuk perilaku yang salah.

Dan stres akibat pandemi memperparah kenyataan ini. “Kami tahu stres berdampak pada perilaku manipulatif, membuat orang lebih cenderung membentak atau cepat marah,” kata Brown. “Jadi jika kita sudah memiliki filter di lingkungan online yang lebih informal ini, dan kita menjadi ceroboh karena kita berada di bawah banyak tekanan, itu adalah resep untuk bencana.”

Baca juga:

Stres Saat WFH Sebabkan Alergi Kulit?

Menurut survei Deloitte, Women at Work: A Global Outlook, 52 persen perempuan mengalami beberapa bentuk pelecehan atau agresi mikro dalam satu tahun terakhir. Mulai dari kredibilitas mereka dipertanyakan karena mereka perempuan hingga komentar yang meremehkan tentang penampilan fisik, gaya komunikasi, ras, orientasi seksual atau status pengasuhan mereka. Perempuan kulit berwarna dan LGBTQ secara signifikan lebih mungkin mengalami perilaku non-inklusif ini.

Work from home rentan alami pelecehan. (Sumber: Pexels/picjumbo)

Laporan lain dari Project Include, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempercepat keragaman dan inklusi dalam teknologi, menemukan 25 persen responden mengalami peningkatan pelecehan berbasis gender selama pandemi. Lalu sekitar 10 persen mengalami peningkatan ras dan etnis. permusuhan berbasis usia, dan 23 persen responden berusia 50 tahun ke atas mengalami peningkatan pelecehan atau permusuhan berdasarkan usia.

“Pembelajaran besar yang kami dapatkan adalah orang akan melecehkan orang dan memusuhi orang tidak peduli apa lingkungannya. Mereka akan menemukan jalan,” kata Ellen Pao, CEO Project Include kepada Reset Work, publikasi bisnis baru yang didistribusikan melalui email.

“Bagi mereka, lebih mudah melecehkan dari jarak jauh, karena ada begitu banyak privasi dalam interaksi itu. Saya tidak memiliki rekan kerja di sebelah saya saat saya meneriaki seseorang, jadi tidak ada yang melihat saya atau mendengar saya sebagai pelaku pelecehan. Itu membuatnya lebih mudah dalam banyak hal, karena mereka dapat mengirim pesan teks atau mengobrol. Tiba-tiba, komunikasi satu lawan satu ini menjadi normal, dan kita dapat menyerang privasi seseorang di rumah mereka sendiri dengan cara yang tidak dapat kita lakukan di kantor," urai Pao. (avia)

Baca juga:

Pekerja Kantoran WFH di Bali Starter Pack

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kabar Duka di Awal 2021, Rapper 'Misterius' MF DOOM Tutup Usia
ShowBiz
Kabar Duka di Awal 2021, Rapper 'Misterius' MF DOOM Tutup Usia

MF DOOM meninggal dunia di usia 49 tahun.

Tak Perlu Dicuekin, Tetaplah Balas E-Mail dari Bos saat Liburan
Travel
Tak Perlu Dicuekin, Tetaplah Balas E-Mail dari Bos saat Liburan

Tunjukkan kepedulianmu terhadap pekerjaan.

 Ardhito Pramono Rilis Lagu 'Tiger Song (Do The Wiggle)'
ShowBiz
Ardhito Pramono Rilis Lagu 'Tiger Song (Do The Wiggle)'

Kali ini para pendengar seperti masuk ke dalam dunia fantasi Semar

Selama Pandemi, Mobil Bekas Daihatsu Diminati
Hiburan & Gaya Hidup
Selama Pandemi, Mobil Bekas Daihatsu Diminati

Terlaris nomor 2 di pasar mobil bekas Indonesia.

Film Dokumenter BIGBANG Tayang di Netflix
ShowBiz
Film Dokumenter BIGBANG Tayang di Netflix

Kerinduan penggemar dapat sedikit terobati.

Campur Tangan Agensi saat Wawancara Idola K-Pop
ShowBiz
Campur Tangan Agensi saat Wawancara Idola K-Pop

Reporter AS, Jeff Benjamin, mengungkap faktanya.

Makan Pakai Tangan, Kebiasaan Orang Indonesia yang Banyak Manfaatnya
Fun
Makan Pakai Tangan, Kebiasaan Orang Indonesia yang Banyak Manfaatnya

Yuk intip fakta dan manfaat yang sudah merahputih.com rangkum.

Harley-Davidson Perkenalkan Sepeda Listrik Pertamanya
Fun
Harley-Davidson Perkenalkan Sepeda Listrik Pertamanya

Harley-Davidson merambah lini baru, sepeda listrik.

Henry Cavill akan Bintangi Reboot ‘Highlander’?
ShowBiz
Henry Cavill akan Bintangi Reboot ‘Highlander’?

Henry Cavill kemungkinan akan menjadi salah satu dari dua pemeran utama di film ini.

7 Manfaat Oatmeal, Lebih Sehat
Fun
7 Manfaat Oatmeal, Lebih Sehat

Oatmeal memberikan energi dan kesehatan pada tubuh.