Update COVID-19 Sabtu (5/9): 190.665 Positif, 136.401 Sembuh

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 05 September 2020
Update COVID-19 Sabtu (5/9): 190.665 Positif, 136.401 Sembuh
Ilustrasi COVID-19. Foto: Pixabay

Merahputih.com - Pemerintah kembali memperbaharui data penambahan kasus COVID-19 per Sabtu (5/9). Tercatat, kasus baru positif COVID-19 di Tanah Air bertambah 3.128 orang.

Sehingga, total pasien yang dinyatakan positif mencapai 190.665 orang pada hari ini.

Baca Juga

Jakarta Pusat Kasus Aktif Corona Paling Tinggi di Indonesia dengan Angka 2.213

Sementara, pasien yang dinyatakan sembuh dan negatif COVID-19 bertambah 2.220 orang. Dengan demikian, total kasus sembuh menjadi 136.401 orang.

Lalu, sebanyak 108 orang di Indonesia meninggal dunia. Sehingga total kasus meninggal akibat COVID-19 menjadi 7.940 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan peningkatan drastis kasus baru COVID-19 dapat menjadi pelajaran berharga untuk menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Menurut Wiku, dalam diskusi Satgas Penganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Jumat, penambahan kasus yang melebihi 3.000 orang dalam dua hari terakhir bisa disebabkan faktor libur panjang baru-baru ini.

Ilustrasi swab test. Foto: Pixabay

Wiku menyebut tren peningkatan besar dalam kasus konfirmasi baru itu cukup mengkhawatirkan.

"Rupanya masyarakat pergi ke tempat wisata dan mungkin tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan terlihat akhirnya penyakitnya meningkat drastis di saat-saat ini. Jadi ini pelajaran buat kita semuanya dengan kondisi yang ada," kata Wiku.

Menurut dia, penyampaian protokol kesehatan perlu dilakukan dengan rinci untuk menggambarkan hal yang harus dilakukan demi mencegah COVID-19.

Dia memberi contoh bagaimana terkadang masih ada yang tidak memakai masker dengan tepat yaitu tidak menutupi hidung dan mulut.

Selain itu, perlu juga membuka masker dengan cara yang benar yaitu memegang talinya dan mencuci tangan sebelum dan setelah melepas masker.

Baca Juga

Pasien Sembuh COVID-19 di RS Wisma Atlet Tembus 8 Ribu Orang

Selain itu, akademisi Universitas Indonesia itu juga menekankan pentingnya selalu sadar untuk menjaga jarak dengan satu sama lain.

"Terkadang pada saat kita sadar, kita menjaga jarak padahal kenyataannya seperti saat makan siang jaraknya akhirnya tidak dipenuhi. Hal-hal ini penting untuk disiplin karena justru di tempat yang lengah itu kita bisa tertular," ujarnya. (Knu)

#COVID-19 #Obat Covid #Kasus Covid #Kalung Covid #Test Covid 19 #Anggaran COVID #Vaksin Covid-19 #Satgas COVID-19
Bagikan
Bagikan