Update COVID-19 per Sabtu (28/3): 1.155 Kasus Positif, 102 Meninggal Dunia Ilustrasi COVID-19, Foto: Kominfo

MerahPutih.com - Penyebaran virus COVID-19 di Indonesia semakin meluas. Sesuai data per Sabtu (28/3), terdapat 1.155 kasus positif corona.

"Kasus positif masih berada di masyarakat. Kontak dekat masih terjadi," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Jakarta, hari ini.

Dari jumlah kasus positif, terdapat penambahan jumlah pasien yang meninggal dunia yakni 15 orang. Jadi, total yang wafat akibat COVID-19 berjumlah 102 pasien.

Yuri meminta kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan social distancing dan beraktivitas, belajar dan bekerja dari rumah.

Untuk mempercepat penanganan virus corona di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya, seperti; melakukan tes massal dengan menyebarkan rapid test.

BNB
Foto: BNPB

Kemudian, mengubah Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Darurat COVID-19, membuka pendaftaran relawan tenaga medis, hingga menerima bantuan 40 ton alkes dari China. Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan dua jenis obat yang diyakini ampuh untuk mengatasi virus corona, yakni; avigan dan klorokuin.

"Kita prihatin kondisi ini bahwa penularan masih terjadi, kasus positif dan kontak dekat masih terjadi," ujar Yuri.

Yurianto mengatakan, ini artinya, masih ada kasus positif Covid-19 yang ada di tengah masyarakat dan belum terdeteksi oleh pemerintah.

Menurut dia, masih ada kontak dekat dengan orang yang positif Covid-19 dan belum terdeteksi itu, sehingga terjadi penularan.

"Ini menggambarkan masih ada penularan penyakit ini di tengah masyarakat kita. Masih ada sumber penyakitnya dan kontak dekat yang terjadi," tutup dia. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH