Update COVID-19 Nasional Rabu (5/8): Pasien Positif Bertambah 1.815 Kasus Ilustrasi COVID-19. Foto: Net

Merahputih.com - Pemerintah melaporkan data terbaru penanganan COVID-19. Berdasarkan data yang diunggah di situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rabu (5/8), dilaporkan ada 1.815 kasus baru COVID-19. Sehingga total hingga hari ini ada 116.871 kasus COVID-19.

Lalu, pasien sembuh bertambah menjadi 73.889 orang. Selain itu, pasien meninggal dilaporkan bertambah menjadi 5.452 orang.

Baca Juga

Sekjen KY Tubagus Rismunandar Meninggal akibat COVID-19

Pemerintah juga melaporkan pada hari ini dipantau 94.593 kasus suspek serta 28.738 spesimen yang diperiksa.

Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aisyah, mengungkapkan ada tiga potensi penyebab kematian terkait virus korona . Salah satunya penanganan yang terlambat.

“Masyarakat Indonesia biasanya baru pergi berobat ketika kondisi kesehatannya sudah buruk,” kata Dewi.

Menurut dia, masyarakat kerap menggampangkan kondisi kesehatannya. Masalah ini sering terjadi jika seseorang hanya mengalami gejala ringan.

Ilustrasi. Foto: ANTARA

Seharusnya, kata Dewi, pengobatan dilakukan sedini mungkin. Hal ini demi mencegah orang yang kadung sakit tidak tertangani dengan maksimal.

Potensi berikutnya yakni pasien mengalami penyakit tidak menular, seperti hipertensi dan diabetes. Penyakit ini memperburuk kondisi pasien.

Potensi ketiga, lanjut Dewi, terkait ketersediaan fasilitas kesehatan. Dewi menyebut pemerintah daerah harus memastikan jumlah rumah sakit rujukan dan tenaga medis yang memadai.

Baca Juga

RS Darurat Wisma Atlet Berhasil Sembuhkan 4.520 Pasien COVID-19

Dewi menambahkan angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit juga perlu diperhatikan. Dia menyarankan tingkat keterpakaian tempat tidur 60 persen.

“Sehingga ketika ada kenaikan kasus masih bisa ditampung lagi untuk masuk ke rumah sakit,” tutur dia. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH