Headline

Upaya PT KAI Wujudkan Zero Accident Selama Angkutan Natal dan Tahun Baru

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 21 Desember 2018
Upaya PT KAI Wujudkan Zero Accident Selama Angkutan Natal dan Tahun Baru
Penumpang antre memasuki gerbong kereta Jaka Tingkir tujuan Pasar Senen Jakarta - Purwosari Solo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (15/7) (ANTARA FOTO/ Yustinus Agyl)

Merahputih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan persiapan dalam berbagai hal untuk mewujudkan "zero accident" atau tidak ada kecelakaan selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Diharapkan juga kerja sama dan dukungan masyarakat untuk mewujudkan angkutan Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2018/2019 yang sukses dan 'zero accident'," kata EVP PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/12).

Menurut dia, PT KAI Daop 1 Jakarta akan terus meningkatkan sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang kereta, misalnya dengan penambahan petugas yang berada di lintasan, stasiun, dan fasilitas pendukung lain.

Ilustrasi: Lokomotif Kereta Api Sukabumi - Cianjur (MP/Rizki Fitrianto)

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu di pelintasan sebidang sesuai UU No23/2007 tentang Perkeretapian dan UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Sebelumnya diwartakan Antara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia untuk mengantisipasi puncak Natal dan Tahun Baru 2019.

"Pelayanan itu harus disertai perencanaan aksi-aksi detil berkaitan apa yang sudah dihadapi, pasti ada hari-hari puncak saya minta KAI mempersiapkan semaksimal mungkin kapasitas yang ada," kata Menhub usai memimpin Apel Gelar Pasukan Persiapan Natal dan Tahun Baru di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (19/12).

Selain itu, Budi mengingatkan untuk memperketat pengamanan baik di stasiun maupun di perjalanan, salah satunya dengan berkoordinasi dengan TNI/Polri. "Saya memang secara khusus meminta KA berkordinasi dengan TNI/Polri berkaitan dengan keamanan-keamanan baik di stasiun maupun perjalanan," katanya. (*)

#Kereta Api #Mudik #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan