Headline

Upaya Pemprov DKI Atasi Banjir di Musim Hujan

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 09 Oktober 2018
Upaya Pemprov DKI Atasi Banjir di Musim Hujan
Banjir. (ANTARA FOTO/Risky Andianto)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan Pemprov DKI Jakarta mengerahkan 192 alat berat untuk melakukan pengerukan sungai-sungai yang berada di DKI Jakarta. Hal itu dilakukan Pemprov DKI untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan.

"Saat ini alat berat kita jumlahnya 192, semua beroperasi, semua melakukan kegiatan pengerukan, perbaikan sarana prasarana. Kalau yang dicari betonisasi, anda tidak ketemu. Tapi kalau yang dicek adalah pengerukan, dan perbaikan sarana, itu yang jalan terus," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Lebih lanjut, Anies menuturkan salah satunya kebijakan itu adalah pengerukan yang dilakukan di sungai Ciliwung Kampung Melayu. Penanganan itu seharusnya ditangani oleh Balai Besar Ciliwung, namun, sebagian diambil alih oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

"SDA itu take over pengerukan dari jembatan sampai ke Tongtek. itu panjangnya 1,9 kilometer, yang mengerjakan SDA, artinya kita kerja terus, seluruh alat pekerjaan bisa dicek ya mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu akhir tahun ini," jelasnya.

Tak hanya melakukan pengerukan saja, lanjut Anies, pihaknya juga telah melakukan perbaikan sarana prasarana mengenai perairan di wilayah DKI Jakarta.

"Kemudian perbaikan perbaikan sarana, itu yang jalan terus, jadi jangan diartikan kalau tidak ada betonisasi, maka tidak ada antisipasi untuk banjir, bukan," tuturnya.

Caption

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, naturalisasi itu sebagai bentuk mengembalikan ekosistem sungai dan waduk hingga sesuai pada aslinya.

"Betonisasi itu lain, itu yang kemaren bicara beton, sebetulnya kalau cari betoniasasi gak ketemu. Karna yang kita lakukan adalah naturalisasi, membuat ekosistem sungai, tapi pengerukan, Jalan terus, kanan kirinya ditumbuhkan sebagai ekosistem yang natural karena itu anda tidak temukan betonisasi," ungkapnya. (Asp).

#Banjir #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan