Upaya 'Negeri Singa' Bangkitkan Kesadaran Kesehatan

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Kamis, 09 Juni 2022
Upaya 'Negeri Singa' Bangkitkan Kesadaran Kesehatan
Kampanye Healthy Chinatown jadi strateggi meningkatkan kesadaran kesehatan. (Foto: Unsplash-Danist Soh)

SINGAPURA telah membuka pintu lebar bagi wisatawan mancangera. Sejak Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong resmi mengumumkan kebijakan pelonggaran pembatasan COVID-19 besar-besaran di tanggal 26 April 2022 lalu, Negeri Singa kini siap menyambut kedatangan turis dari seluruh penjuru dunia.

Baca juga:

Taksi Udara Velocopter Siap Beroperasi di Singapura

Bagi pengunjung nan sudah melengkapi vaksinasi penuh dapat langsung memasuki Singapura tanpa persyaratan karantina dan tes COVID-19.

Beragam strategi diterapkan pemerintah Singapura untuk menjaring kunjungan wisatawan dari belahan dunia, salah satunya Festival Kesehatan Singapura.

singapura
Festival Kesehatan Singapura jadi ajang edukasi pentingnya kesehatan fisik dan mental. (Foto: CBA)

Pada gelaran nan dilaksanakan sejak tanggal 3 hingga 12 Juni 2022, Chinatown Business Association (CBA) menginisiasi kampanye Healthy Chinatown sebagai perayaan dua minggu kesehatan fisik dan mental, serta mendukung tujuan Singapura menjadi surga kesehatan masyarakat perkotaan.

Memadukan konsep modern dan tradisional, CBA bekerjasama dengan para pemangku kepentingan di Chinatown menyusun 17 acara serta lokakarya bagi publik untuk berkumpul bersama guna meningkatkan kesejahteraan hidup nan salah satunya melalui pola makan sehat.

Baca juga:

5 Kegiatan Seru di Chinatown Singapura

"Hidup sehat telah menjadi perhatian utama bagi banyak orang selama dua tahun terakhir. Oleh karena itu, kami senang dapat mengkurasi program di Chinatown untuk memotivasi warga Singapura dan negara tetangga lainnya untuk hidup sehat,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Bisnis Chinatown Lim Yick Suan, dalam keterangan resmi diterima Merahputih.com.

singapura
Kawasan Chinatown jadi pusat edukasi tentang kesehatan. (Foto: Unsplash-john T)

Selain beroleh edukasi tentang kesehatan fisik dan mental, di dalam festival tersebut, pengujung dapat menyaksikan pertunjukkan tinju Thailand grup kebugaran KBP Muay Thai. Muay Thai belakangan jadi bentuk seni beladiri populer di banyak negara, termasuk Singapura. Ada pula penampilan Barongsai, dan pertunjukan kebugaran Wushu pada 11 Juni di Kreta Ayer Square.

CBA juga meluncurkan permainan berburu harta karun (treasure hunt) pertama di Chinatown. Peserta diberikan satu set petunjuk untuk berburu tujuh lokasi harta karun di sekitar Chinatown, beberapa di antaranya berusia lebih dari satu abad.

Permainan tersebut paling baik dimainkan berpasangan atau dengan sekelompok teman, dan mereka nan mampu menyelesaikan permainan dapat memenangkan hadiah menarik. (*)

Baca juga:

Dibuka, Museum Es Krim di Singapura

#Singapura #Wisata #Kesehatan
Bagikan
Bagikan