Upacara "Tetesan" Bakal Digelar di Mangkunegaran Performing Art 2017 ILUSTRASI, tarian wayang (MP/Win).

Acara Mangkunegaran Performing Art (MPA) 2017 akan digelar di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran pada Sabtu 18 dan Minggu 19 Maret 2017 mendatang.

Dalam gelaran ini akan menampilkan karya Mangkunegaran dan juga perkembangannya. Beberapa kesenian yang akan ditampilkan di antaranya adalah tarian, pameran topeng hingga kegiatan workshop.

“Untuk MPA tahun ini, setidaknya ada delapan tarian, tiga jenis gending karawitan gamelan, hingga upacara adat 'tetesan' (sunat perempuan),” jelas Plt Pengageng Mondropuro Supriyanto Waluyo.

Delapan tari yang akan ditampilkan di antaranya adalah Tari Golek Lambangsari, Gambyong Langenkusumo, Srimpi Padelori, Bedhaya Bedah Madiun dan lainnya.

“Jadi saat delapan tarian itu dibawakan, akan diiringi dengan tiga jenis gending karawitan, yakni Kyai Segar Windu, Kyai Baswara dan Kyai Pamedasih,” imbuh Supriyanto.

Gelaran ini terbuka untuk umum dan gratis. Rencanannya, kegiatan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo Sis Ismiyati berharap, dengan adanya MPA 2017 mampu memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kesenian karya Mangkunegaran.

Artikel ini berdasarkan liputan Win, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah Solo, Jawa Tengah dan sekitarnya.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH