Untung-Buntung Pakai Paylater Saat Staycation Membeli tiket pesawat lebih mudah lewat aplikasi. (Foto: Unsplash/yousef alfuhigi)

VIERO kala itu sedang duduk di kedai kopi ternama. Ia terlihat tidak bersemangat. Layar laptopnya penuh dengan tab Google Chrome menampilkan laman online travel agent dan destinasi wisata Pontianak. Rupanya, Viero ingin pulang kampung dan tergiur dengan diskon besar-besaran dari layanan tersebut.

“Gue waktu itu belum gajian, padahal promo tiketnya cuma sampai hari itu. Kalau gue enggak beli, bisa ketinggalan promo,” keluh Viero seminggu lagi baru gajian kepada Meraputih.com.

Kala itu Desember 2021, Viero memang sudah merencanakan liburan ke Pontianak setiap tahun. Berkat diskon ditawarkan pihak travel agent, Viero merasa mendapat keuntungan jika bisa membeli tiket pada saat itu juga. Temannya pun merekomendasikannya untuk menggunakan fitur paylater, kesempatan membeli tiket, memesan hotel, dan barang lainnya saat itu juga namun membayarnya di kemudian hari dengan batas waktu tertentu.

Baca juga:

Ngapain Sih Betah Berlama-Lama Menggulir Layanan Pesan-Antar Makanan Sampai Seharian!

Untung Buntung Pakai PayLater Demi Liburan ke Luar Kota
Keuntungan menggunakan dompet digital dan mobile banking. (Foto: JAKPAT Survey Report)

Maka malam itu juga, setelah mendaftarkan identitasnya secara daring untuk fasilitas paylater, Viero berhasil membeli tiket perjalanan Jakarta-Pontianak (pp) seharga Rp 2,5 juta saja. Pembayaran akan dicicilnya dalam tiga bulan.

Fitur paylater memang jadi salah satu tren pembayaran diminati anak muda belakangan ini. Beberapa perusahaan aplikasi besar tentu punya cara untuk menarik perhatian penggunanya, salah satunya dengan menyedikan fitur paylater. Fasilitas ‘beli sekarang bayar belakangan’ pun bisa dipakai untuk travelling, pembelian barang, makanan, transportasi, hingga produk konsumsi lainnya.

Banyak orang, termasuk Viero, mula-mula merasakan kemudahan, pesan sekarang bayarnya nanti. Namun, jika tidak berhati-hati, sejatinya risiko lilitan utang menanti di kemudian hari.

Baca juga:

Kebiasaan Warga +62 Menunda Makan Demi Menurunkan Berat Badan

Untung Buntung Pakai PayLater Demi Liburan ke Luar Kota
Bijak menggunakan fitur pay later. (Foto: Unsplash/CardMapr)

Berdasarkan catatan JAKPAT Survey Report di semester pertama 2021, penggunaan dompet digital didominasi anak muda dengan rentang usia 15-24 tahun (38 persen) dan milenial dengan usia 25-34 tahun (32 persen). Dari 2.292 responden, pembayaran digital paling sering dipakai adalah aplikasi Dana, diikuti Go-Pay, OVO, Shopeepay, dan BCA Mobile. Dompet digital menjadi dominasi, lanjut catatan Jakpat, karena ada banyak keuntungan didapat, mulai dari penawaran potongan harga, mendapat tambahan poin, kemudahan registrasi, hingga fitur paylater. Dompet digital ini biasanya digunakan untuk membayar ojek online, dine-in, belanja di minimarket, taksi online, transaksi game online, memesan tiket segala moda transportasi, hingga pesan kamar hotel.

Meski begitu, Viero kemudian merasa kehadiran paylater mendorongnya menjadi semakin impulsif. Tanpa disadari, kemudahan beri barang terlebih dahulu dan bayar belakangan memberikan dorongan impulsif dalam bertransaksi. Apalagi banyak promo potongan harga sangat besar. Alhasil, barang-barang tidak diperlukan justru terbeli. Dana tadinya sengaja ditabung untuk travelling bulan depan terpaksa dipakai demi memenuhi sifat impulsif.

utang
Jangan sampai utang menumpuk berdampak bagi keluarga. (Unsplash-Usman Yousaf)

Fitur paylater, jika tidak cermat menggunakannya, bisa menimbulkan kebiasaan ngutang demi barang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Tiap orang, menurut perencana keuangan sekaligus Manajer di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Rizki Marman Saputra, sesungguhnya boleh punya utang namun harus jelas tujuannya.

Ada dua jenis utang, baik dan buruk. Utang baik umumnya digunakan untuk hal produktif orang tersebut di masa depan. Sementara utang buruk biasa dipakai semata untuk hal konsumtif, memenuhi keinginan sekunder, bahkan lebih parah lagi tanpa memperhitungkan dampak jangka panjang. Namun, terkadang tak sedikit orang terjebak menganggap skema utangnya sebagai utang baik padahal sebaliknya.

Sebaiknya, jika harus berutang gunakan kesempatan tersebut untuk hal produktif, paling tidak membantu meningkatkan pendapatan atau menambah kekayaan bersih.

Misalnya, utang sebagai modal usaha atau berbisnis untuk upaya meningkatkan pendapatan. Tentunya uang modal atau utang tersebut dapat diputar untuk memenuhi segala kebutuhan demi kemajuan dan perkembangan bisnis.Bentuk utang produktif lainnya mungkin membeli aset berkembang, seperti rumah atau ruko. Nilai rumah dan tanah akan terus meningkat tiap tahun sehingga akan meningkatkan keuangan di masa depan.(and)

Baca juga:

Parents, Jangan Tunda Edukasi Anak Mengenai Bahaya Narkoba

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Twenty One Pilots Anggap Coldplay Sebagai Sumber Inspirasi dan Meng-cover  Lagu 'Yellow'
ShowBiz
Twenty One Pilots Anggap Coldplay Sebagai Sumber Inspirasi dan Meng-cover Lagu 'Yellow'

Tyler Joseph juga menceritakan kisah ketika Chris Martin menelponnya

Kaki Gatal saat Olahraga, ini Biang Keroknya
Hiburan & Gaya Hidup
Kaki Gatal saat Olahraga, ini Biang Keroknya

Gatal muncul hanya setelah latihan fisik pada orang sehat.

Siap-Siap Nonton 'Black Widow', ini Film MCU yang Wajib Kamu Tonton
ShowBiz
Gim Buatan Anak Bangsa Dapat Penghargaan PAX East 2022
Fun
Gim Buatan Anak Bangsa Dapat Penghargaan PAX East 2022

Gim tersebut sempat dijadikan demonstrasi oleh Agate Games pada event PAX East 2022

Waspada Malware Berbahaya di Balik Aplikasi Edit Foto
Fun
Waspada Malware Berbahaya di Balik Aplikasi Edit Foto

Waspada dalam memilih aplikasi edit foto, karena bisa jadi terdapat malware di dalamnya

Asyik, Ada Diskon Ongkir Paket 40 Persen Sebelum Februari Berakhir
Fun
Asyik, Ada Diskon Ongkir Paket 40 Persen Sebelum Februari Berakhir

Mengirim barang jangan terhambat karena takut ongkir tinggi.

Menguak Ketatnya Protokol Kesehatan di Backstage Jakarta Fashion Week 2022
Fashion
Gojek Bersama MainGame Tampilkan Gim Terkini di Aplikasi
Fun
Gojek Bersama MainGame Tampilkan Gim Terkini di Aplikasi

Sebelumnya, Gojek menyediakan platform untuk menampung permainan ringan. Nama platform itu adalah GoGames.

Dilelang Potongan Kue dari Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana
Fun
Dilelang Potongan Kue dari Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana

potongan kue jadi sebuah benda memorabilia yang memiliki nilai jual untuk dilelang.

Relevan dengan Kehidupan Ibu Kota, 'Jakarta vs Everybody' Curi Perhatian Penggemar Film
ShowBiz
Relevan dengan Kehidupan Ibu Kota, 'Jakarta vs Everybody' Curi Perhatian Penggemar Film

Hal menarik dan alasan Jakarta vs Everybody patut disaksikan.