Untuk Pertama Kalinya, Keraton Kasepuhan Cirebon Adakan Upacara Kemerdekaan Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. (Foto: MerahPutih/Irm)

UPACARA peringatan hari kemerdekaan RI ke 72 menjadi sejarah baru di Keraton Kasepuhan Cirebon. Untuk pertama kalinya Keraton Kasepuhan mengadakan upacara peringatan hari kemerdekaan RI.

Menurut Sultan Sepuh ke XIV Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadingrat, selama ini pihaknya mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI di Istana Negara, di Jakarta.

"Sejak tahun 2004 biasanya Sultan Sepuh XIV mengikuti upacara kemerdekaan RI di Istana Presiden di Jakarta," kata Sulta Arief, sapaan akrab PRA Arief Natadingrat, Selasa (15/8).

Menurut Sultan Arief, upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-72 yang akan dilaksanakan di Taman Dewan Daru Keraton Kasepuhan pada 17 Agustus 2017. Nantinya upacara akan diikuti 200 peserta yang terdiri dari para warga, abdi dalem, kemantren, keraman, kaum masjid, laskar dan lainnya.

"Semua peserta upacara wajib memakai pakaian adat," kata Sultan Arief.

Lanjutnya, upacara peringatan kemerdekaan RI ini sengaja dilaksanakan di Keraton Kasepuhan bertujuan untuk meningkatkan kembali kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

"Akhir-akhir ini kondisi bangsa kita sangat memprihatinkan. Rasa cinta tanah air sudah banyak memudar dan hanya mementingkan kelompok dan partai saja. Mengorbankan persatuan kesatuan. Bahkan banyak beredar rasa kebencian, fitnah dan adu domba yang bukan kepribadian bangsa Indonesia," papar Sultan Arief.

Upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 72 merupakan yang pertama kali diadakan di Keraton Kasepuhan. Upacara ini akan dimulai pukul 09.00 WIB dan bertindak sebagai inspektur upacara, Sultan Sepuh ke XIV Keraton Kasepuhan.

Artikel ini berdasarkan liputan Mauritz, kontributor atau reporter merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Untuk artikel dari Cirebon lainnya, silakan baca juga: Cicipi Dessert Kekinian dari Olahan Greentea di Eatboss Cafe



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH