UNS Surakarta Terima 3.361 Mahasiswa di Jalur SBMPTN 2019 Rektor UNS Jamal Wiwoho mengadakan konfrensi pers terkait hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019/2020 di Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Sebanyak 3.361 mahasiswa diterima di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019/2020.

Demikian diungkapkan Rektor UNS Jamal Wiwoho dalam konfrensi pers di kampus UNS Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (9/7).

"Tahun ini ada sebanyak 48.735 orang yang mendaftar SBMPTN di UNS. Jumlah pendaftar ini terbanyak nomor dua seluruh Indonsia setelah Universitas Brawijaya diperingkat pertama," ujar Jamal.

Sebanyak 48.735 orang pendaftar ini perinciannya 24.293 pendaftar untuk program sains dan teknologi (saintek) dan 24.442 orang program sosial humaniora (soshum).

Pengumuman SBMPTN UNS Surakarta
Pengumuman SBMPTN 2019 oleh pihak rektorat UNS Surakarta (MP/Ismail)

"Kami hanya menerima 1.630 orang dari program saintek dan 1.731 orang program soshum. Total ada sebanyak 3.361 orang yang diterima di UNS dalam seleksi SBMPTN," papar Rektor UNS Surakarta.

Jamal memaparkan calon mahasiswa asal Jawa Tengah masih mendominasi dengan prosentase sebesar 66 persen. Kemudian Jawa Timur 10 persen, Jawa Barat 7,5 persen, DKI Jakarta 3,9 persen, dan Yogyalarta 3,5 persen.

"Kami masih berikan kesempatan bagi yang tidak lolos SBMPTN dapat mengikuti jalur seleksi mandiri UNS. Jalur mandiri mulai dibuka pendaftarannya tanggal 2 Juli sampai tanggal 12 Juli," kata dia.

BACA JUGA: Jaksa Periksa Berkas Perkara Percobaan Pembunuhan dengan Tersangka Kivlan Zen

Rapat Paripurna Tak Dimulai Bila Anggota DPRD Hanya Tanda Tangan dan Pergi

Ia menambahkan UNS di jalur mandiri hanya menyediakan kuota sebanyak 1.032 orang. Seleksi jalur mandiri masuk UNS dilaksanakan serentak di sejumlah kampus di Indonesia, yakni UNS Surakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjajaran di Bandung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Universitas Lampung, Universitas Sumatera Utara di Medan, Universitas Hasanuddin di Makassar, dan Universitas Negeri Surabaya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH