Unras Full Day School Diwarnai Kericuhan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 09 Agustus 2017
Unras Full Day School Diwarnai Kericuhan
Unjuk rasa FDS di depan Gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu (9/8). (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan massa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di depan Gedung DPRD Kota Surabaya, Jalan Yos Sudarso, Rabu (9/8), diwarnai kericuhan.

Insiden tersebut terjadi setelah massa berusaha masuk ke dalam gedung yang dijaga puluhan personel polisi.

Aksi awalnya berlangsung damai. Massa melakukan orasi sambil membawa keranda di depan pagar gedung yang tertutup.

Namun, situasi mulai memanas ketika massa mencoba masuk. Polisi yang berada di balik pagar berusaha mengadang dan saling teriak melarang masuk.

Namun, situasi mulai bergejolak ketika salah seorang polisi berupaya menarik spanduk mahasiswa. Mahasiswa pun coba mempertahankan dan menarik kembali spanduk tersebut.

Pada saat yang bersamaan, salah seroang petugas sempat menarik bendera PMII. Pada saat itulah, massa langsung mendorong barisan pagar betis hingga terjadi aksi saling dorong antara mahasiwa dan polisi.

Aksi yang berlangsung selama 10 menit itu akhirnya redah setelah korlap aksi memerintahkan massa untuk tenang. Untuk mengantisipasi emosi massa, akhirnya polisi mempersilakan perwakilan mahasiwa masuk ke dalam Gedung DPRD Kota Surabaya.

Hanif, korlap aksi menjelaskan bahwa aksi ini merupakan penolakan Peraturan Mendikbud No 23 Tahun 2017 tentang Sekolah Sehari Penuh yang dinilai justru merusak tatanan pendidikan.

"Tidak semua sekolah bisa menerapkan hal itu. Banyak infrastruktur sekolah yang tidak memadahi. Jika dipaksakan, maka akan membuat siwa stres dan menciptakan generasi stres," ujar Hanif.

Selain itu, lanjut Hanif, dalam aksi ini mahasiwa meminta Mendikbud mundur dari jabatannya karena telah membuat pendidikan nasional sudah tidak kondusif. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Angkatan Muda Muhammadiyah Tanggapi Penolakan PBNU Soal Full Day School

#Full Day School #Surabaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan