Fashion

UNKL347 Sang Pionir Kaos Distro Negeri Aing

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 30 Juni 2021
UNKL347 Sang Pionir Kaos Distro Negeri Aing
UNKL347 merupakan pionir kaos distro di Indonesia (foto: instagram @unkl347)

PADA tahun 1996, Dendy Darman (founder UNKL347) bersama rekan-rekannya yakni Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara, memutuskan untuk membuka usaha clothing. Mereka mematenkan label clohting line bernama 347boardrider.com.

Banyaknya anak muda yang tergabung pada komunitas, turut membantu perkembangan bisnis yang dirintis oleh Dendy Cs. Promosi yang awalnyanya hanya dari mulut ke mulut, rupanya cukup ampuh mendongkrak brand mereka di kalangan anak muda Bandung.

Khususnya para fans dari beberapa grup band indie yang mengikuti sang idola mengenakan kaos 347boardrider.co, seperti halnya Pure Saturday dan Cherry Bombshell.

Baca Juga:

Menziarahi Monumen Musik Bawah Tanah Bandung Lewat Gelora; Magnumentary of Gedung Saparua

Konsumen kaos kian loyal dengan brand tersebut, terbukti dengan kian diminatinya kaos buatan Dendy yang menunjukan eksistensinya di pasaran. Menariknya, keberadaan 347boardrider tak sekadar dekat dengan komunitas musik. Brand ini juga akrab dengan komunitas surfing dan skateboard. Dua olahraga ekstrem tersebut merupakan olahraga kegemaran Dendy dan kawan-kawan.

Berawal dari kecintaan Dendy dan kawan-kawan dengan olahraga surfing dan skateboard. (Foto: instagram @dendy_darman)

Saat membuat brand tersebut, Dendy sempat dilema karena banyak yang menyarankannya lebih baik kerja agency advertising Jakarta dan sejenisnya. Apalagi Dendy merupakan mahasiswa lulusan Seni grafis yang saat ini lebih dikenal Desain Komunikasi Visual di Fakultas Seni Rupa ITB.

Tapi Dendy tetap yakin dengan apa yang menjadi kegemarannya. Pada proses awalnya, Dendy mengungkapkan bahwa dia dan teman-temannya ingin menjual karya demi mendapatkan uang untuk membiayai kegiatan mereka seperti skateboarding dan surfing, tanpa harus bekerja di kantor.

#Fashion #Kaos Distro #Streetwear #Juni Made In Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan