Universitas di Korea Temukan Cara Mengubah Tinja jadi Energi Listrik Universitas asal Korea Selatan buat toilet yang bisa mengubah kotoran jadi energi. (Foto: Pixabay/@chriskeller)

APA penemuan terhebat sepanjang masa? Ratusan tahun lalu mungkin listrik, telepon, kulkas, maupun pesawat. Seiring dengan perkembangan zaman, memang selalu ada penemuan terbaru yang bisa disebut paling hebat.

Salah satunya ialah toilet unik ini. Alih-alih hanya dipakai untuk buang air, peneliti telah mengubahnya jadi alat untuk mengubah kotoran jadi energi.

Selama ini tinja dianggap sebagai sesuatu yang menjijikan. Eits, tapi itu dulu sebelum ada inovasi toilet yang satu ini. Pada 9 Juli 2021, seperti dilansir dari laman Sora News 24, Ulsan National Institute of Science and Techology dari Korea Selatan mengungkapkan toilet revolusioner.

Disebut sebagai BeeVi, benda tersebut merupakan sebuah toilet yang dimodifikasisi secara khusus. Setelah buang air, kotoran akan dipompa tanpa menggunakan air. Kemudian mengirimkannya ke tangki penyimpanan berisi mikroorganisme yang akan memecah kotoran dan mengisolasi gas metananya.

Baca juga:

Perusahaan Eropa Bangun 'Portal' untuk Menghubungkan Kota

Universitas di Korea Temukan Cara Mengubah Tinja jadi Energi Listrik
Mirip toilet biasa, bedanya BeeVi bisa mengubah kotoran jadi gas metana yang bisa diubah jadi energi. (Foto: Reuters)

Menurut sang pencipta, Cho Jae-won, rata-rata manusia buang air besar sekitar 500 gram per hari. Jumlah tersebut dapat menghasilkan sekitar 30 liter gas metana yang menghasilkan 0,5 kilowatt daya.

Jadi satu kali buang air besar kira-kira cukup untuk menyalakan mesin cuci atau menjalankan mobil sejauh satu kilometer. Saat ini BeeVi dipasang di laboratorium kampus dan bahan bakar organiknya digunakan sebagai sumber daya untuk menyalakan gedung.

Lucunya, BeeVi akan memberikan kompensasi kepada orang yang mau berkontribusi buang air besar di toilet ini. Mereka akan mendapatkan uang virtual bernama Ggool yang dalam bahasa Korea berarti madu.

Siapapun yang menggunakan toilet ini bakal menerima 10 Ggool sehari. Mereka kemudian bisa menukarkannya dengan makanan ringan atau buku di toko khusu kampus. Kabarnya upah harian Ggool bahkan bisa menutupi biaya kopi.

"Saya selama ini berpikir bahwa kotoran itu kotor, tetapi sekarang itu adalah harta yang sangat berharga bagi saya," kata seorang mahasiswa memberikan testimoninya.

Baca juga:

Unik, Robot Mini ini Membutuhkan Alkohol untuk Bisa Bekerja

Melihat berita tersebut, banyak warganet yang meresponnya dengan positif. Ada yang mengaku ingin menghasilkan uang dengan buang air besar.

Lainnya mengatakan bahwa ini adalah kesempatan untuknya yang buang air besar lebih banyak dibandingkan orang lain. "Jadi secara hipotesis, jika anda mengganti kursi di mobil dengan toilet anda bisa mengemudi selamanya," gurau yang lain.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya dunia melihat inovasi semacam ini. Hampir 10 tahun lalu di Jepang, perusahaan pembuat toilet terkenal, TOTO pernah menciptakan Toilet Bike Neo.

Sebuah motor berbahan bakar gas metana yang berasal dari feses hewan. Namun, tempat duduknya tidak benar-benar bekerja dan hanya dibuat untuk acara saja.

Sejauh ini, belum ada negara lain yang mencobanya lagi. Jadi BeeVi masih jadi unggulan. Apalagi kamu bisa mendapatkan uang dari kotoranmu. Siapa yang tidak mau? (sam)

Baca juga:

4 Penemuan Besar yang Disesali Oleh Penemunya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
HIVI! Dukung Penyebaran Konten Positif di Media Sosial lewat Lagu Baru
ShowBiz
HIVI! Dukung Penyebaran Konten Positif di Media Sosial lewat Lagu Baru

HIVI! membawa misi mendukung dan menyebarkan konten positif di media sosial, lewat lagu berjudul Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital.

Waspada Kejahatan Siber di Telegram
Fun
Waspada Kejahatan Siber di Telegram

Telegram dikabarkan menjadi sasaran kejahatan siber dan jumlahnya sangat fantastis

Ini Perbedaan Kepribadian antara Cancer yang Lahir pada Juli Vs. Juni
Fun
John Mayer Rilis Single ‘Last Train Home’ dan Umumkan Album Terbaru
ShowBiz
John Mayer Rilis Single ‘Last Train Home’ dan Umumkan Album Terbaru

John Mayer menggoda para penggemarnya dengan merilis sebuah single berjudul Last Train Home.

Tuan Rumah Olimpiade Alami Peningkatan Tajam Kasus COVID-19
Fun
Tuan Rumah Olimpiade Alami Peningkatan Tajam Kasus COVID-19

telah memasuki tahap pandemi baru yang "sangat menakutkan".

Bukalapak, Jagoan Startup Negeri Aing yang Pertama Melantai di Bursa Saham
Fun
Bukalapak, Jagoan Startup Negeri Aing yang Pertama Melantai di Bursa Saham

informasi bahwa E-commerce Bukalapak merupakan perusahaan teknologi pertama yang melantai di bursa saham di Indonesia pertama kalinya

5 Latihan Fisik Ini Bantu Penari Jadi Lebih Baik
Fun
Cerita Irfan Hakim Merawat Binatang hingga Membangun Aviary
ShowBiz
Cerita Irfan Hakim Merawat Binatang hingga Membangun Aviary

Anggaran untuk binatang 3 kali lipat uang belanja istri.

Di Surabaya Ada New Man Lawan COVID-19
Fun
Di Surabaya Ada New Man Lawan COVID-19

New Man tampil live untuk menjaga protokol kesehatan di kota Surabaya.

Clubhouse Luncurkan Aplikasi untuk Android meski Pengguna Menurun
Fun
Clubhouse Luncurkan Aplikasi untuk Android meski Pengguna Menurun

Popularitas aplikasi itu melonjak tinggi pada awal tahun 2021 setelah miliarder Elon Musk ...