Universitas Andalas Bantu Penguatan Dokter Rumah Sakit Daerah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang (Foto: unand.ac.id)

MerahPutih.Com - Minimnya tenaga dokter ahli atau spesialis di rumah sakit-rumah sakit daerah menuntut adanya penguatan paramedis. Penguatan tenaga medis ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Demi memaksimalkan pelayanan dokter, Universitas Andalas menjalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten Sarolangun, Jambi dalam penguatan dokter di daerah tersebut.

"Kemarin telah ditandatangani nota kesepahaman, nantinya akan ada penguatan pengadaan dokter di Rumah Sakit Daerah Sarolangun," sebut Rektor Universitas Andalas Prof Tafdil Husni, di Padang, Selasa (12/9).

Tafdil Husni menambahkan kerja sama ini secara khusus akan memperkuat sumber daya dokter spesialis di RSUD Prof Dr Chatib Quzwain Sarolangun.

Nantinya dokter yang ada di rumah sakit tersebut mengambil spesialis di Unand atau tenaga kesehatan lainnya melakukan magang di rumah sakit pendidikan kampus.

"Lebih khusus kerja sama ini juga berkaitan dengan kemoterapi atau penanganan penyakit kanker," ujarnya.

Saat ini, Universitas Andalas dapat mengakomodasi pelatihan dan pengajaran tentang penyembuhan penyakit kanker karena telah memiliki alat yang memadai.

Diharapkan nantinya bisa diaplikasikan kepada masyarakat lainnya.

"Di samping kerja sama kesehatan, secara luas juga berkaitan dengam tri dharma perguruan tinggi," sebutnya.

Dalam hal ini potensi yang ada di Sarolangun bisa diperkuat dengan pengajaran, penelitian dan pengabdian civitas akademika Unand.

Sementara Bupati Sarolangun, Cek Endra mengatakan kerja sama ini diharapkan bisa membantu kebutuhan dokter di Sarolangun. Tujuannya agar rumah sakit daerah saat ini tipe C bisa diperkuat dalam hal pelayanannya.

Dengan melakukan studi ke Universitas Andalas nantinya sumber daya manusia kesehatan di Sarolangun bisa lebih mudah dan inovatif memberikan pelayanan.(*)

Sumber : https://antaranews.com


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH