Uniknya Mie Pentil Khas Bantul

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 13 Juni 2016
Uniknya Mie Pentil Khas Bantul
Pedagang mie pentil di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Kuliner - Mie pentil. Begitu makanan ini disebut. Penggunaan kata "pentil" tidak mengandung makna kotor tentunya, bukan seperti makna pada alat sensitif wanita. Mie ini disebut mie pentil karena ukurannya yang mini. Dalam bahasa Jawa, pentil berarti kecil atau belum matang. Namun, ada pula yang mengartikan mie pentil karena bentuknya serupa pentil sepeda.

Mie pentil terbuat dari bahan utama tepung tapioka. Karena itu, tekstur mienya pun sangat kenyal. Ukurannya memang lebih kecil dibandingkan mie pada umumnya.


Mie pentil (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Mie pentil merupakan salah satu ikon kuliner di Bantul yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Jika ingin menyaksikan langsung bagaimana cara membuat ikon kuliner populer yang satu ini, datang saja ke kawasan Pundong, sebuah kecamatan yang berada tak jauh dari Pantai Parangtritis. Seperti kebanyakan jenis mie yang lainnya, mie pentil dapat dimasak dengan cara digoreng ataupun digodog atau direbus.

Jika Anda memesan mie pentil satu porsi, Anda dapat meminta rasa yang Anda inginkan, yakni gurih atau pedas. Jika Anda berkunjung ke Pasar Niten, Anda akan menemukan mie pentil goreng dengan rasa yang cenderung gurih. Tidak seperti mie lain yang biasanya digoreng dengan aneka bahan tambahan seperti ayam, telur ataupun beragam sayuran seperti kubis dan wortel, mie pentil goreng biasanya dimasak polosan saja, hanya diberi bumbu berupa bawang putih, kemiri dan garam.


Mie pentil (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Mie yang dijual umumnya dilengkapi dengan tambahan berupa taburan bawang goreng dan sambal mentah yang pedas. Ada pula mie yang diolah dengan cita rasa pedas hingga menimbulkan julukan "mie pedes." Berkuah atau digoreng semuanya terasa lezat di lidah. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Mie Glosor, Menu Takjil Khas Kota Bogor
  2. Waw, Mie Kipas Kaki Lima Ini Beromzet Rp150 Juta per Bulan
  3. Yuk Nikmati Mie Kipas Bewok Khas Cirebon
  4. Mie Kipas Khas Cirebon
  5. Kisah Sukses Pedagang Mie Kipas Cirebon
#Bantul #Kuliner Yogyakarta #Mie Pentil
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan