Uniknya Hobi dan Bisnis Pari Tawar Ikan Pari Tawar selalu diburu para penggemar ikan hias karena bentuknya yang unik (Foto: Instagram @thisisindonesian)

MerahPutih Bisnis - Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ikan pari menjadi pilihan penghobi ikan hias. Bukan ikan pari air laut, melainkan ikan pari air tawar.

Bentuknya yang unik berbentuk pipih serta motif tubuhnya merupakan daya tarik penghobi. Bentuknya yang pipih membuat ikan berenangnya pun berbeda dari ikan-ikan para umumnya. Ikan ini selalu berenang di dasar kolam maupun aquarium. Sementara motif di tubuhnya berupa tutul putih. Tekstur motifnya tergantung jenis.

"Biasanya ada dua jenis di pasaran. Pari jenis leopoldi dan pari motoro. Yang leopoldi dotnya (motif berupa titik) lebih bagus, rapat-rapat. Warnanya lebih terang," kata Yanuar Santoso Thio, kepada merahputih.com, baru-baru ini, di Kota Cirebon.

Pari Tawar termasuk ikan hias yang selalu diburu para penggemar ikan hias (Foto: Instagram @thisisindonesian)

Yanuar merupakan salah satu penghobi pari tawar. Ia baru menggeluti dunia hobi ini sejak 2013. Ia mengawali pemeriharaan pari tawar dengan 7 ekor.

Awal kecintaannya pada pari tawar karena pemeliharaannya mudah. "Saya tanya ke saudara saya, saya ingin punya ikan hias yang mudah dipelihara, bisa ditinggal ke luar kota saat beberapa hari, dan kuat dalam segala perubahan air. Saudara saya jawab, ya pari," kata pria yang biasa dipanggil Yan ini.

Belum genap tiga tahun, Yanuar kini telah memiliki puluhan ekor pari. Ia pun mengembangkan hobinya ini menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan. Pasalnya, peluang bisnisnya terbilang menggiurkan. Selain karena harga jualnya yang mahal, peternak ikan hias ini masih terbilang langka.(fre)

BACA JUGA:

  1. Bisnis Ikan Hias Pari Tawar, Yanuar Raup Omzet Penjualan Rp9 Juta
  2. Hassa Batik: Corak Cerah dan Bisa Order Seusai Selera
  3. Eceng Gondok Jadi Aneka Produk Anyaman
  4. Ieko Damayanti Ratu Anyaman Eceng Gondok
  5. Prospek Bisnis Kerajinan Anyaman Eceng Gondok


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH